Implementasi Segmenting, Targeting, Positioning Produk Tabungan Mudharabah (TABAH) Pada BMT NU Cabang Klampis Bangkalan

Anam, Saiful (2023) Implementasi Segmenting, Targeting, Positioning Produk Tabungan Mudharabah (TABAH) Pada BMT NU Cabang Klampis Bangkalan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Saiful Anam_19383021045_Cover_Perbankan syariah.pdf

Download (312kB)
[img] Text
Saiful Anam_19383021045_Lembar Persetujuan Pembimbing_Perbankan syariah.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Saiful Anam_19383021045_Lembar Pengesahan Dewan Penguji_Perbankan Syariah.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Saiful Anam_19383021045_Abstrak_Perbankan Syariah.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Saiful Anam_19383021045_Daftar Isi_Perbankan Syariah.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Saiful Anam_19383021045_BAB I_Perbankan Syariah.pdf

Download (464kB)
[img] Text
Saiful Anam_19383021045_BAB II_Perbankan Syariah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
Saiful Anam_19383021045_BAB III_Perbankan Syariah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
Saiful Anam_19383021045_BAB IV_Perbankan Syariah.pdf

Download (616kB)
[img] Text
Saiful Anam_19383021045_BAB V_Perbankan Syariah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
Saiful Anam_19383021045_Daftar Pustaka_Perbankan Syariah.pdf

Download (122kB)
[img] Text
Saiful Anam_19383021045_Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_Perbankan Syariah.pdf

Download (83kB)

Abstract

Kata Kunci: Segmenting, Targeting, Positioning (STP), Tabungan Mudharabah, SWOT, BMT NU Cabang Klampis BMT NU Cabang Klampis Bangkalan memasarkan produk tabungan mudharabah (TABAH) mereka mengimplemtasikan strategi pemasaran berupa STP (Segmentasi, Pasar sasaran dan Posisi pasar) ditambah dengan analisis SWOT untuk mengetahui gambaran pemasaran yang dilakukan. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat empat fokus penelitian yang akan menjadi kajian pokok yaitu: pertama, Bagaimana implementasi strategi segmenting, Kedua, Bagaimana implementasi strategi targeting, Ketiga, bagaimana strategi positioning pada produk Tabungan Mudharabah (TABAH), keempat Apa saja kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT) pada strategi pemasaran produk tabungan mudharabah (TABAH). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Cabang BMT NU Cabang Galis Pamekasan, Bagian Tabungan, juru tabunggan dan Nasabah/ Anggota. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode Penelitian ini menghassilkan kesimpulan Pertama, yaitu segmentasi Geografis, demografis, psikografis dan tingkah laku. Kedua. Targeting yaitu BMT NU Cabang Klampis Bangkalan lebih fokus pada pedagang, petani dan nelayan. Ketiga, Positioning BMT NU Cabang Klampis Bangkalan memperlihatkan keunikan dari tabungan mudharabah (TABAH) seperti tabungan dapat dilakukan penarikan kapan saja, mudah, memperoleh bagi hasil sebesar 40% disetiap bulannya. Keempat analisis SWOT, Strengths dari strategi STP pada produk tabungan mudharabah (TABAH) strategi pemasaran akan lebih efektif dan terarah dan menciptakan layanan lebih baik. Weakness dari strategi STP pada produk tabungan mudharabah (TABAH) kemungkinan akan menghadapi persaingan yang serupa. Opportunities dari strategi STP pada produk tabungan mudharabah (TABAH) akan mendatangkan keuntungan yang melimpah dan lebih mengenal anggotanya dengan baik. Threats dari strategi STP pada produk tabungan mudharabah (TABAH) dibutuhkan sumber daya lebih banyak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:35
Last Modified: 24 Jun 2024 08:35
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5463

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item