Ilhami, Eva Sri Wahyu (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Simulasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII MTs Darut Thalibin Ponteh Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Eva Sri Wahyu Ilhami_20160701080027_Cover_TIPS.pdf Download (202kB) |
|
Text
Eva Sri Wahyu Ilhami_20160701080027_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf Download (123kB) |
|
Text
Eva Sri Wahyu Ilhami_20160701080027_Lembar_Pengesahan_TIPS.pdf Download (592kB) |
|
Text
Eva Sri Wahyu Ilhami_20160701080027_Abstrak_TIPS.pdf Download (286kB) |
|
Text
Eva Sri Wahyu Ilhami_20160701080027_Daftar Isi_TIPS.pdf Download (187kB) |
|
Text
Eva Sri Wahyu Ilhami_20160701080027_BAB I_TIPS.pdf Download (442kB) |
|
Text
Eva Sri Wahyu Ilhami_20160701080027_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
|
Text
Eva Sri Wahyu Ilhami_20160701080027_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
|
Text
Eva Sri Wahyu Ilhami_20160701080027_BAB IV_TIPS.pdf Download (594kB) |
|
Text
Eva Sri Wahyu Ilhami_20160701080027_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
Eva Sri Wahyu Ilhami_20160701080027_DAFTAR RUJUKAN_TIPS.pdf Download (384kB) |
|
Text
Eva Sri Wahyu Ilhami_20160701080027_Surat_Pernyataan_Keaslian_Tulisan_TIPS.pdf Download (371kB) |
Abstract
Kegiatan dalam pembelajaran guru masih belum menggunakan media pembelajaran yang seharusnnya dapat meningkatkan minat belajar siswa. Guru lebih banyak menggunakan papan tulis untuk menuliskan point-point penting dari materi-materi yang sedang disampaikan. Hal inilah yang membuat siswa merasa sulit memahami materi yang disampaikan guru. Guru tidak menggunakan media karena media pembelajaran IPS di sekolah tersebut hanya terbatas. Hal inilah yang membuat nilai hasil belajar IPS menjadi rendah. Pembelajaran IPS di kelas VIII dirasakan kurang bervariasi. Hal itu sesuai wawancara peneliti dengan guru kelas VIII dimana guru lebih banyak menggunakan metode ceramah.Salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPS adalah metode simulasi. Berdasarkan penjelasan diatas maka memunculkan rumusan masalah sebagaimana berikut:1) Adakah pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran simulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII MTs Darut Thalibin Ponteh Galis Pamekasan; 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran simulasi pada mata pelajaran IPS di kelas VIII MTs Darut Thalibin Ponteh Galis Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen kuasi atau dikenal dengan eksperimen semu. Instrumen data diperoleh melalui tes yang disebarkan kepada siswi kelas VIII-A dan VIII-B sebanyak 30 siswa, dan dokumentasi sebagai bukti penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh ataspenggunaan metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di MTs Darut Thalibin Ponteh Galis Pamekasan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis dengan teknik t-test. Pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai thitung sebesar 3,16 dan nilai ttabel sebesar 1,70 padats0,05dan 2,47 padats0,01dengan db 28. Dengan demikian nilai ttabeldiperoleh sebesar 1,70 dan 2,47, sehingga degan jelas terlihat bahwa thitung>ttabelyaitu3,16> 1,70> 2,47 maka ada pengaruh signifikan metode pembelajaran simulasi dalam meningkatkan hasilbelajar siswa di MTs Darut Thalibin Ponteh Galis Pamekasan. Kedua, besar hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di MTs Darut Thalibinadalah tinggi. Hal ini berdasarkan nilai thitung sebesar 3,16 lebih besar darinilai ttabel sebesar 1,70 padats0,05dan 2,47 padats0,01.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71F ?? ?? m_071 ?? ?? m_196 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs. Fatimah Aria Utami |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 02:30 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 02:30 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/553 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |