Penerapan Metode Modelling dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqh di MTs Miftahul Ulum Proppo Pamekasan

Agustin, Devin (2024) Penerapan Metode Modelling dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqh di MTs Miftahul Ulum Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Devin Agustin_20381012158_sampul_PAI.pdf.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Devin Agustin_20381012158_halaman persetujuan_PAI.pdf.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Devin Agustin_20381012158_halaman pengesahan_PAI.pdf.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Devin Agustin_20381012158_abstrak_PAI.pdf.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Devin Agustin_20381012158_daftar isi_PAI.pdf.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Devin Agustin_20381012158_bab I_PAI.pdf.pdf

Download (356kB)
[img] Text
Devin Agustin_20381012158_bab II-PAI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
Devin Agustin_20381012158_bab III_PAI. pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
Devin Agustin_20381012158_bab IV_PAI. pdf.pdf

Download (435kB)
[img] Text
Devin Agustin_20381012158_bab V_PAI. pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
Devin Agustin_20381012158_daftar pustaka_PAI.pdf.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Devin Agustin_20381012158_surat keaslian tulisan_PAI.pdf.pdf

Download (174kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Modelling, Hasil Belajar, Fiqh Dalam penelitian ini Penerapan Metode Modelling dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqh di MTs Miftahul Ulum Proppo Pamekasan, dilatar belakangi dengan adanya peserta didik yang kurang fokus dan kurang bergairah dalam proses pembelajaran, yang disebabkan oleh guru yang mengajar hanya menggunakan metode ceramah, sehingga hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Mengingat dalam pembelajaran fiqh bukan hanya mengandalkan teori saja akan tetapi banyak bab yang harus dimodelkan oleh guru lalu diamati peserta didik agar peserta didik paham dan bergairah dalam pembelajaran, seperti bab sholat, wudhu, mensucikan najis dll. Oleh karena itu penerapan metode modelling ini menjadi solusi yang tepat dalam menghadapi proses pembelajaran saat ini. Hal ini pula yang dapat dilakukan oleh guru fiqh dalam menerapkan metode modelling sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Fokus Peneitian ada 2 (1) Bagaimana penerapan metode modelling dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh di MTs Miftahul ulum proppo pamekasan (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh dengan metode modelling di MTs Miftahul Ulum Proppo Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang menghasilkan data deskriptif baik berupa tulisan atau ungkapan yang di peroleh langsung dari lapangan wilayah penelitian. Dengan sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, informasi adalah kepala sekolah, guru fiqh, dan siswa/siswi MTs miftahul ulum proppo pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama dalam Penerapan Metode Modelling diawali dengan mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan terlaksananya metode modelling, seperti membuat RPP terlebih dahulu media papan tulis yang digunakan pada saat jam pelajaran berlangsung, materi inti dan bahan ajar lainnya. Penilaiannya meliputi aspek kognitif, aspek efektif, dan aspek psikomotorik. Kedua Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh dengan menerapkan metode modelling dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dapat dilihat dari seberapa besar nilai pengetahuannya untuk aspek kognitif dapat dilihat dari sikap atau prilaku peserta didik pada saat jam pembelajaran untuk aspek afektif, serta dapat dilihat dari kreativitasnya peserta ddik dan kesesuaian materi yang disampaikan untuk aspek psikomotorik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:25
Last Modified: 25 Jun 2024 02:25
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5566

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item