Rosyidi, Moh Adbdullah (2023) Pengaruh Teknik Self-Management Terhadap Kemandirian Siswa Di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381091042_HALAMAN SAMPUL.pdf Download (76kB) |
|
Text
19381091042_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (78kB) |
|
Text
19381091042_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (103kB) |
|
Text
19381091042_ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text
19381091042_DAFTAR ISI.pdf Download (41kB) |
|
Text
19381091042_BAB I.pdf Download (183kB) |
|
Text
19381091042_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text
19381091042_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
|
Text
19381091042_BAB IV.pdf Download (762kB) |
|
Text
19381091042_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
|
Text
19381091042_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (102kB) |
|
Text
19381091042_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (128kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pengaruh Teknik Self Management, Kemandirian Siswa Latar belakang diadaknnya penelitian ini karena adanya pengaturan diri yang rendah pada siswa, hal tersebut apabila tidak teratasi akan menghambat pada laju kemandirian siswa serta akan menurunnya minat siswa dalam belajar. Kemandirian pada siswa disebabkan oleh faktor internal dan juga faktor eksternal. Maksud dan tujuan dilakukannya penelitian ini yakni bisa mengetahui secara jelas pengaruh teknik self manajemen terhadap kemandirian siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut terdapat tiga fokus penelitian yang menjadi acuan bagi peneliti dalam penelitian ini, yakni: pertama, Bagaimana gaambaran perilaku kemandirian siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan?. Kedua, apa saja faktor pendukung dang penghambat kemandirian siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan?. Ketiga, Bagaimana Pengaruh Teknik self-management terhadap kemandirian siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan metode pendektan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data diperoleh dari wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, serta menggunakan dokumentasidokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data dan penyajian data serta penaarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya dilakukan dengan memperpanjang keikut sertaan, ketekunan pengamatan serta dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Pertama, siswa yang memiliki perilaku kemandirian yang rendah biasanya sering malas, sering keluar kelas saat jam pelajaran bahkan sampai sering bolos sekolah, sebaliknya siswa yang memiliki perilaku kemandirian yang tinggi cenderung berperilaku aktif dalam semua hal. Kedua, Faktor pendukung perilaku kemandirian siswa dipengaruhi oleh penyediaan berbagai fasilitas madrasah seperti ruang kelas yang sudah dilengkapi smart TV, perpustakaan, ruangan BK, laboratorium dan lain sebagainya. Selain itu, pergaulan yang baik dan guru yang bisa menguasai kelas juga menjadi faktor pendukung kemandirian siswa, sebaliknya jika guru tidak bisa menguasai kelas, pergaulan siswa yang kurang baik, dan mood siswa yang rendah untuk belajar maka akan menjadi penghambat siswa untuk berperilaku mandiri. Ketiga, penerapan layanan manajemen diri ini memiliki pengaruh yang positif dan juga efektif dalam bantu siswa yang awalnya sering malas belajar, dan produktif, serta belum bisa berperilaku mandiri agar kemudian siswa tersebut berperilaku secara mandiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 05:00 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 05:00 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5747 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |