Rizal, Fahrur (2023) Peran Guru BK dalam Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa di Kelas XII MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
SAMPUL.pdf Download (94kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (207kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (254kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (243kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
BAB IV PAPARAN DATA, TEMUAN PENELITIAN, DAN PEMBAHASAN.pdf Download (260kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (251kB) |
Abstract
Kata Kunci : Peran, Guru BK, Perencanaan Karir, dan Siswa Peran Guru BK dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karir merupakan bagian penting dari pelayanan bimbingan karir yang dapat membantu siswa dalam merencanakan karir dan mengambil keputusan secara bijaksana mengenai dirinya sendiri. Pemberian layanan konseling karir dilaksanakan untuk memberi bekal kepada siswa melalui pengetahuan tentang fakta dan data di bidang pendidikan dan pengembangan pribadi. Kemampuan perencanaan karir dapat menjadi proses penting dalam memilih sasaran akademik sebagai bentuk persiapan siswa terhadap berbagai kesempatan karir yang baik dan optimal. Permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: bagaimana peran Guru BK dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa kelas XII di MA Sumber Bungur Pakong Kabupaten Pamekasan. bagaimana proses pelaksanan bimbingan karir siswa kelas XII di MA Sumber Bungur Pakong Kabupaten Pamekasan, dan apa saja faktorfaktor pendukung dan penghambat bagi Guru BK dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karir Siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasi hasil penelitian ini didapatkan melalui kepala sekolah, guru BK, dan siswa kelas XII MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: peran guru BK dalam meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa Kelas XII di MA Sumber Bungur Pakong Kabupaten Pamekasan terdapat tiga hal penting, diantaranya adalah guru BK sebagai informator, motivator, kolaborator, dan evaluator (pemberi nilai atau mengevaluasi dalam proses perencanaan karir siswa. Pelaksanaan bimbingan dalam peningkatan perencanaan karir siswa diterapkan melalui dua program penting, yaitu program planning angket dan bimbingan klasikal bagi siswa. Program Planning angket merupakan program yang pelaksanaannya dilakukan dengan membagikan angket kepada seluruh siswa kelas XII MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Angket tersebut berisi perencanaan karir siswa setelah lulus sekolah dengan beberapa pilihan. Adapun program bimbingan klasikal merupakan bmbingan rutin mingguan di kelas bagi siswa kelas XII MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan dalam rangka membimbing siswa, memberi araha, dan memberi bekal dalam perencanaan karir siswa. Faktor pendukung bagi guru BK dalam meningkatkan karir siswa adalah adanya dukungan dari banyak pihak sekolah, adanya expo kampus. Adapun faktor penghambat dalam proses peningkatan karir siswa adalah guru BK tidak mempunyai jam atau jadwal khusus untuk melakukan bimbingan klasikal, sehingga guru BK mengambil jalan alternatif dengan meminta sebagian jam kepada guru mata pelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 26 Jun 2024 05:00 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 05:00 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5751 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |