Hernawati, Hernawati (2023) Efektifitas Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Sikapa Prososial Kepada Siswa Di MAN 1 PAMEKASAN. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Hernawati_ 18381092044_ Cover_ BKPI.pdf Download (56kB) |
|
Text
Hernawati_ 18381092044_ Lembar_ Persetujuan_ Pembimbing_ BKPI.pdf Download (117kB) |
|
Text
Hernawati_ 18381092044_ Lembar Pengesahan_ BKPI.pdf Download (315kB) |
|
Text
Hernawati_ 18381092044_ Abstrak_ BKPI (1).pdf Download (8kB) |
|
Text
Hernawati_ 18381092044_ Daftar_Isi_ BKPI.pdf Download (18kB) |
|
Text
Hernawati_ 18381092044_ BAB I_BKPI.pdf Download (260kB) |
|
Text
Hernawati_ 18381092044_ BAB II_ BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (581kB) |
|
Text
Hernawati_18381092044_ BAB III_ BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) |
|
Text
Hernawati_18381092044_ BAB IV_ BKPI.pdf Download (573kB) |
|
Text
Hernawati_ 18381092044_ BAB V_ BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
Text
Hernawati_ 18381092044_ Daftar_ Pustaka_ BKPI.pdf Download (231kB) |
|
Text
Hernawati_ 18381092044_ Surat_ Pernyataan Keaslian_ BKPI.pdf Download (46kB) |
Abstract
Kata kunci: Bimbingan klasikal, Sikap prososial, Siswa. Di dalam lingkungan sekolah siswa tidak hanya sekedar belajar menerima ilmu pengetahuan akan tetapi siswa di ajarkan untuk bersikap salah satunya yaitu sikap prososisal. Sikap prososial merupakan sikap menolong orang lain yang membutuhkan bantuan. Sikap prososial dilingkungan sekolah banyak diterapkan oleh siswa hal tersebut agar siswa dapat berinteraksi dengan siswa lainnya. Perilaku sikap prososial sangat mempengaruhi terhadap proses belajar terhadap siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana efektifitas layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan sikap prososial siswa MAN 1 Pamekasan. Tujuan penelian ini yaitu untuk mengetahui efektif layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan sikap prososial siswa di MAN 1 Pamekasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif pendekatan eksperimen. Subjek yang diteliti sebanyak 24 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Teknik yang digunakan yaitu analisis non parametik Wilcoxon. Penelitian ini menggunakan penelitian non parametik karena untuk menguji untuk menguji perbedaan skor pre-test dan post-test apakah ada perubahan sikap prososial atau tidak. Analisis data tersebut menggunakan bantuan SPSS Versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan metode media audiovisual efektif terhadap peningkatan sikap prososial siswa kelas XII IPA 4 di MAN 1 Pamekasan. Sedangkan tingkat efektivitas layanan bimbingan klasikal dengan metode media audiovisual terhadap peningkatan sikap prososial siswa kelas XII IPA 4 di MAN 1 Pmekasan menunjukkan hasil yang signifikan, dibuktikan dengan hasil uji Wilcoxon rata-rata peningkatan yaitu 12,50 yang hal itu dapat dibuktikan dengan nilai Asimpig.Sig yaitu 0,012 yang lebih kecil dari 0,05. artinya ada peningkatan signifikan nilai antara pretest ke posttest. Hal ini juga diperkuat oleh data hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti, siswa mengalami perubahan sikap prososial setelah diberikan treatment. Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan metode media audiovisual efektif terhadap peningkatan sikap prososial siswa kelas XII IPA 4 di MAN 1 Pamekasan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 06:18 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 06:18 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5779 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |