Penerapan Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Di MTs Ziyadatut Taqwa Pamekasan

Qulub, M. Nuril (2023) Penerapan Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Di MTs Ziyadatut Taqwa Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
M. NURIL QULUB_19381091005_SAMPUL.pdf

Download (117kB)
[img] Text
M. NURIL QULUB_19381091005_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (74kB)
[img] Text
M. NURIL QULUB_19381091005_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
M. NURIL QULUB_19381091005_ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
M. NURIL QULUB_19381091005_DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
M. NURIL QULUB_19381091005_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text
M. NURIL QULUB_19381091005_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
M. NURIL QULUB_19381091005_BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
M. NURIL QULUB_19381091005_BAB IV PEMBAHASAN.pdf

Download (432kB)
[img] Text
M. NURIL QULUB_19381091005_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
M. NURIL QULUB_19381091005_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
[img] Text
M. NURIL QULUB_19381091005_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (93kB)

Abstract

Kata Kunci: Layanan Klasikal, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar siswa yang rendah, sehingga membutuhkan peranan bimbingan dan konseling berpengaruh terhadap pelaksannan pembelajaran. Karena motivasi belajar yang rendah sangantBerdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitain ini, Pertama bagaimana motivasi belajar siswa MTs Ziyadatut Taqwa Pamekasan?, Kedua Bagaimana Peningkatan Motivasi Belajar dalam Penerapan Layanan Klasikal di MTs Ziyadatut Taqwa?, Tiga Apa Kelebihan dan Kekurangan dalam Penerapan layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MTs Ziyadatut Taqwa Pamekasan?. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, metode yang digunakan oleh peneliti diantaranya wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisi data meliputi reduksi data, hasil peleitian melalui perpanjang keikutsertaan, ketekunan dalam proses pengamatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahawa pertama, motivasi belajar siswa yang rendah berasal dari diri individu sendiri, sehingga tidak mengerjakan tugas, keluar kelas, kedua, hasih dari penerapan layanan klasikal untuk meningkatkan motivasi belajar pada siklus 1 dari sembilan siswa sudah ada peningkatan akan tetapi masih ada beberapa sisiwa yang masih berada pada tahap motivasi rendah, kemudian pada siklus II ada peningkatan dari pada siklus 1, dengan indikator siswa mulai aktif ketika berada didalam kelasnya dan siswa yang motivasinya rendah pada siklus 1, sekarang sudah ada peningkatan. Ketiga faktor pendukung dan penghambat dama penerapan layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Faktor pendukung yaitu faisilitas yang disediakan oleh sekolah seperti laptop, ruang kelas, dan media lainnya yang cukup lengkap, sedangkan faktor penghambat yaitu tidak ada ruangan khusus untuk guru BK, dan guru BK bukan asli lulusan S1 BK dan kurang mengerti atau kurang paham tentang apa tugas-tugas yang seharusnya di lakukan oleh seorang guru BK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:00
Last Modified: 27 Jun 2024 07:00
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5789

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item