Susanti, Adelia (2023) Strategi Kolaborasi dalam Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling di MAN 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Adelia Susanti_19381042124_Cover_MPI.pdf Download (180kB) |
|
Text
Adelia Susanti_19381042124_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf Download (212kB) |
|
Text
Adelia Susanti_19381042124_Lembar_Pengesahan_MPI.pdf Download (366kB) |
|
Text
Adelia Susanti_19381042124_Abstrak_MPI.pdf Download (148kB) |
|
Text
Adelia Susanti_19381042124_Daftar_Isi_MPI.pdf Download (168kB) |
|
Text
Adelia Susanti_19381042124_BAB I_MPI.pdf Download (424kB) |
|
Text
Adelia Susanti_19381042124_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) |
|
Text
Adelia Susanti_19381042124_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
Text
Adelia Susanti_19381042124_BAB IV_MPI.pdf Download (820kB) |
|
Text
Adelia Susanti_19381042124_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text
Adelia Susanti_19381042124_Daftar Pustaka_MPI.pdf Download (360kB) |
|
Text
Adelia Susanti_19381042124_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_MPI.pdf Download (270kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Kolaborasi, Manajemen, Bimbingan dan Konseling Strategi kolaborasi dalam manajemen pelayanan bimbingan dan konseling di MAN 2 Pamekasan merupakan bentuk kerja sama antar personil penting madrasah dalam pelaksanaan pelayanan di bidang bimbingan konseling dengan tujuan untuk mempermudah kegiatan pengelolaan manajemen madrasah demi mencapai tujuan pendidikan sekaligus termasuk pencapaian tujuan dalam bimbingan konseling di madrasah. Berdasarkan penjelasan di atas muncul beberapa fokus penelitian sebagai berikut: pertama, bagaimana pengelolaan strategi kolaborasi dalam manajemen pelayanan bimbingan dan konseling di MAN 2 Pamekasan. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi kolaborasi dalam manajemen pelayanan bimbingan dan konseling di MAN 2 Pamekasan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, guru bimbingan konseling, serta wali kelas sekaligus guru mata pelajaran keterampilan dan tata busana. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaa, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pengelolaan strategi kolaborasi dalam manajemen pelayanan bimbingan dan konseling dilakukan dengan menggunakan sistem kerja sama dalam melaksanakan fungsi manajemen pelayanan bimbingan dan konseling meliputi tahap perencanaan dengan mengadakan rapat penyusunan rencana program layanan dengan tim pengembangan yang dibentuk, kemudian tahap pengorganisasian oleh kepala madrasah terhadap semua stakeholder sekolah untuk lebih menyadari pentingnya kerja sama, tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam tahap pelaksanaan untuk mendukung keberhasilan bersama, dan tahap terakhir yaitu evaluasi yang dilakukan setiap akhir semester dengan bahan sumber penilaian dari jurnal catatan kegiatan yang dimiliki masing-masing guru BK. Kedua, faktor pendukung dan penghambat strategi kolaborasi dalam manajemen pelayanan bimbingan dan konseling diantaranya faktor pendukung meliputi hubungan yang komunikatif dan interaktif dalam bekerja sama serta kompetensi dan kualitas guru BK dan juga akreditasi sekolah juga menunjang manajemen yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya keterbatasan waktu serta media dalam pelaksanaan pelayanan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:27 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5815 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |