Laili, Elisawati Syurfa (2023) Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Moralitas Siswa di MAN 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Elisawati Syurfa Laili_20381092012_Sampul_BKPI.pdf Download (125kB) |
|
Text
Elisawati Syurfa Laili_20381092012_Halaman_Persetujuan_Pembimbing_BKPI.pdf Download (87kB) |
|
Text
Elisawati Syurfa Laili_20381092012_Halaman_Pengesahan_BKPI.pdf Download (60kB) |
|
Text
Elisawati Syurfa Laili_20381092012_Abstrak_BKPI.pdf Download (81kB) |
|
Text
Elisawati Syurfa Laili_20381092012_Daftar_Isi_BKPI.pdf Download (95kB) |
|
Text
Elisawati Syurfa Laili_20381092012_BAB I_BKPI.pdf Download (329kB) |
|
Text
Elisawati Syurfa Laili_20381092012_BAB II_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
|
Text
Elisawati Syurfa Laili_20381092012_BAB III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text
Elisawati Syurfa Laili_20381092012_BAB IV_BKPI.pdf Download (417kB) |
|
Text
Elisawati Syurfa Laili_20381092012_BAB V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
Text
Elisawati Syurfa Laili_20381092012_Daftar_Pustaka_BKPI.pdf Download (241kB) |
|
Text
Elisawati Syurfa Laili_20381092012_Keaslian_Tulisan_BKPI.pdf Download (424kB) |
Abstract
Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Moralitas, Siswa Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi saat ini berkembang sangat pesat. salah satu contoh yang populer saat ini adalah gadget. Semua orang menggunakan teknologi terbaru seperti handphone, komputer, laptop, televisi dan tablet. Gadget memiliki dampak bagi para remaja khususnya siswa. Namun selama pemanfaatannya dalam batas normal dan wajar tentu akan tidak mengganggu dan meresahkan, justru akan membantu dalam hal bersosialisasi bahkan bagi jarak yang jauh. Tetapi yang kita lihat pada remaja sekarang yang meyalahgunakan teknologi untuk kesenangan dan hiburan sehari-hari hal tersebut tentu akan mengganggu perkembangan remaja tersebut. Berdasarkan hal tersebut akan ada dampak yang ditimbulkan dari adanya teknologi gadget khususnya terhadap moralitas siswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui fenomena penggunaan gadget pada siswa di MAN 2 Pamekasan, untuk mengetahui dampak dari penggunaan gadget terhadap moralitas siswa di MAN 2 Pamekasan, dan untuk mengetahui upaya guru BK untuk menurunkan penggunaan gadget terhadap moralitas siswa di MAN 2 Pamekasan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek data dalam penelitian ini adalah tiga siswa, satu guru BK dan satu waka kesiswaan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Adapun hasil penelitian yang peneliti lakukan yaitu pertama, mengenai fenomena penggunaan gadget pada siswa di MAN 2 Pamekasan yaitu siswa MAN 2 Pamekasan memainkan gadget pada saat jam kosong dan istirahat. Di dalam gadgetnya siswa suka melihat informasi-informasi melalui media sosial. Siswa juga suka main game online dan offline untuk hiburang mereka. Kedua, mengenai dampak penggunaan gadget terhadap moralitas siswa di MAN 2 Pamekasan yaitu siswa lebih mudah untuk berkomunikasi, lebih mudah mencari informasi di luar, melatih kreativitas, mudah untuk mendapatkan teman. Selain hal tersebut siswa tidak bisa mengatur waktu, kemampuan bersosialisasi menurun, melanggar peraturan sekolah, sering menggunakan bahasa yang kotor dan kasar, terjadinya perilaku cyberbullying, moral dan perilaku siswa terganggu. Ketiga, mengenai guru BK untuk menurunkan penggunaan gadget terhadap moralitas siswa di MAN 2 Pamekasan yaitu memberikan layanan konsultasi kepada siswa yang merasa kecanduan gadget. Selain itu guru BK melakukan konseling individu dengan menggunakan pendekatan behavioristik teknik kontrak perilaku kepada siswa yang bermasalah. Langkah-langkah yang dilakukan dalam konseling individu pendekatan behavioristik teknik kontrak perilaku yaitu: a) memilih perilaku atau tugas yang ingin diubah, b) merinci kriteria untuk mengubah perilaku, c), memberikan ganjaran untuk perubahan perilaku yang dialami oleh siswa, d) kontrak dibuat dalam bentuk tertulis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:22 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:22 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5835 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |