Mufarrohah, Aniatul (2023) Strategi Pengeloaan Kelas X Iptek & Sains Dalam Menciptakan Keaktifan Belajar Siswa Di SMA Sabilillah Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Aniatul Mufarrohah_19381042108_Cover_Mpi.pdf.pdf Download (52kB) |
|
Text
Aniatul Mufarrohah_19381042108_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_MPI.pdf.pdf Download (116kB) |
|
Text
Aniatul Mufarrohah _19381042108_Lembar_Persetujua_Pengesahan_MPI.pdf.pdf Download (157kB) |
|
Text
Aniatul Mufarrohah_19381042108_Abstrak_Mpi.pdf.pdf Download (82kB) |
|
Text
Aniatul Mufarrohah_19381042108_Daftar_Isi_Mpi.pdf.pdf Download (85kB) |
|
Text
Aniatul Mufarrohah_19381042108_Bab I_Mpi.pdf.pdf Download (175kB) |
|
Text
Aniatul Mufarrohah_19381042108_Bab II_Mpi.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
Text
Aniatul Mufarrohah_19381042108_Bab III_Mpi.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
|
Text
Aniatul Mufarrohah_19381042108_Bab IV_Mpi.pdf.pdf Download (214kB) |
|
Text
Aniatul Mufarrohah_19381042108_Bab V_Mpi.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
Text
Aniatul Mufarrohah_19381042108_Daftar_Pustaka_Mpi.pdf.pdf Download (112kB) |
|
Text
Aniatul Mufarrohah _19381042108_Lembar Pernyataan_Keaslian_MPI.pdf.pdf Download (150kB) |
Abstract
Kata Kunci : Strategi Pengelolaan Kelas iptek & sains Dalam menciptan keaktifan belajar strategi pengelolaan kelas yang cukup baik. Mulai tahap perencanaan pelaksanaan dan faktor pendukung ataupun faktor penghambat dalam menciptakan keaktifan belajar siswa hingga ruangan kelas tersusun rapi, yaitu program pembiasaan kelas dan persiapan perangkat pembelajaran baik itu dari penetapan rancangan pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar dan sumber belajar yang digunakan serta administrasi kelas, suasana belajar yang kondusif dan cukup banyak media pembelajaran yang tertempel di dinding ruangan kelas yang membuat siswa semangat untuk mengikuti pembelajaran dengan keaadan yang efektif peserta didik pun dapat meningkatakan keaktifan belajarnya siswa, sehingga pembelajaran berjalan dengan baik. Berdasarkan hal tersebut maka fokus penelitian dalam peneliti ini ada tiga yaitu : pertama, bagaimana prencanaan strategi pengelolaan kelas x iptek & sains dalam menciptakan keaktifan belajar siswa di SMA Sabilillah Sampang; kedua, bagaimana pelaksanaan strategi pengelolaan kelas x iptek & sains dalam menciptakan keaktifan belajar siswa di SMA Sabilillah Sampang; ketiga, bagaimana faktor pendukung dan penghambat strategi pengelolaan kelas x iptek & sains dalam menciptakan keaktifan belajar siswa di SMA Sabilillah Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi..Hasil penelitian ini menujukkan bahwa, pertama, Perencanaan strategi pengelolaan kelas x iptek & sains dalam menciptakan keaktifan belajar siswa di SMA Sabilillah Sampang diawali terlebih dahulu mempersiapkan perangkat pembelajaran, seperti RPP dan sumber belajar; kedua, Pelaksanaan strategi pengelolaan kelas x iptek & sains dalam menciptakan keaktifan belajar siswa di SMA Sabilillah Sampang dengan adanya RPP itu, setidaknya sudah punya pandangan materi yang akan disampaikan guru, dan juga meminimalisir ketidak efisien waktu karena semua sudah direncanakan sebelumnya. Membuat suasana kelas nyaman, bersih dan rapi sehingga membuat siswa bisa menerima materi dengan baik; dan ketiga, faktor pendukung strategi pengelolaan kelas X Iptek & Sains dalam menciptakan keaktifan belajar siswa yaitu dengan meningkatkan sarana dan prasarana dalam pengelolaan lingkungan belajar, Dengan adanya sarana dan prasarana yang cukup dan memadai dapat membuat siswa dan guru menyampaikan dan menerma ilmu dengan baik. Adapun hambatan yang terjadi bahwa didalam kelas X iptek & sain berupa kurang kompak disiplinyan siswa dalam mengatur kelas, dan hal ini guru mengambil tindakan untuk mengatasinya dengan memberikan nasehat agar menjaga kebersihan kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:27 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:27 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5836 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |