Maulidi, Herman (2023) Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Tradisi Rokat Bhuju’ di Desa Larangan Dalam Kecamatan Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Herman Maulidi_19381011014_Cover_PAI.pdf Download (294kB) |
|
Text
Herman Maulidi_19381011014_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf Download (103kB) |
|
Text
Herman Maulidi_19381011014_Lembar_Halaman_Pengesahan_PAI.pdf Download (144kB) |
|
Text
Herman Maulidi_19381011014_Abstrak_PAI.pdf Download (294kB) |
|
Text
Herman Maulidi_19381011014_Daftar_Isi_PAI.pdf Download (293kB) |
|
Text
Herman Maulidi_19381011014_BAB I_PAI.pdf Download (2MB) |
|
Text
Herman Maulidi_19381011014_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Herman Maulidi_19381011014_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Herman Maulidi_19381011014_BAB IV_PAI.pdf Download (619kB) |
|
Text
Herman Maulidi_19381011014_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
|
Text
Herman Maulidi_19381011014_Daftar Rujukan_PAI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Herman Maulidi_19381011014_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_PAI.pdf Download (173kB) |
Abstract
Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Islam, Tradisi, Rokat Bhuju’ Rokat bhuju’ merupakan tradisi yang sudah ada sejak dulu. Tujuannya agar terhindar mara bahaya yang menimpa masyarakat sekitar. Masyarakat Larangan Dalam menganggap asal datangnya mara bahaya tersebut dari bhuju’ karena ada roh atau arwah yang mengganggu, sehingga masyarakat Larangan Dalam menyelamati bhuju’ tersebut. Masyarakat Larangan Dalam dikatagorikan sebagai kelompok Islam yang masih mempraktikkan budaya animisme, yang dimaksud hanya melestarikan tradisi yang sudah lama ada tapi sudah terinternalisasi nilai pendidikan Islam. Berdasarkan masalah di atas peneliti mengangkat judul, Nilainilai pendidikan Islam pada tradisi rokat bhuju’ di Desa Larangan Dalam Kecamatan Larangan Pamekasan. Tujuannya yaitu untuk mengetahui pelaksanaan tradisi rokat bhuju’ beserta nilai-nilai pendidikan Islam pada tradisi rokat bhuju’. Berdasarkan konteks penelitian, terdapat 2 fokus yang digunakan yaitu; Pertama Bagaimana Pelaksanaan Tradisi Rokat Bhuju' di Desa Larangan Dalam Kecamatan Larangan Pamekasan ? Kedua Apa saja Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Tradisi Rokat Bhuju'di Desa Larangan Dalam Kecamatan Larangan Pamekasan ? Dalam penelitian ini yang dilakukan oleh peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomonologi. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Informasinya adalah pelaku tradisi, tokoh agama, tokoh masyarakat. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi. Hasil dari penelitian di atas yaitu: pelaksanaan diadakan satu tahun sekali yakni pada bulan Shafar bertepatan pada hari Jum'at Legi (Jum'at Manis). Rokat bhuju’ diawali dengan mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan yang akan di gunakan untuk makan bersama setelah prosesi rokat, yang di lakukan di rumah juru kunci dan juga dibantu masyarakat sekitar. Prosesi rokat bhuju’ diawali dengan pembakaran kemenyan, membaca surat Al-Fatihah (Tawassul), membaca surat Yasin dan tahlil bersama kemudian diakhiri dengan makan bersama. Diantara nilainilai pendidikan Islam pada tradisi rokat bhuju’ yaitu pertama nilai Aqidah dan juga ibadah, seperti pembacaan surat Al-Fatihah, Yasin dan juga tahlil. Kedua nilai akhlak yaitu dengan melestarikan tradisi rokat bhuju’. Ketiga nilai sosial yaitu dengan saling bantu membantu antar masyarakat dan juga akan menumbuhkan gotong royong.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:21 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:21 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5859 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |