Anggraini, Natasya Dwi (2023) “Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Metode Ice breaking didalam Kelas IV SDN Laden 1 Pamekasan”. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381012045_SAMPUL.pdf Download (15kB) |
|
Text
20381012045_Halamn Pembimbing.pdf Download (129kB) |
|
Text
20381012045_Pengesahan Dewan Penguji.pdf Download (196kB) |
|
Text
20381012045_ABSTRAK.pdf Download (73kB) |
|
Text
20381012045_DAFTAR ISI.pdf Download (157kB) |
|
Text
20381012045_BAB I.pdf Download (381kB) |
|
Text
20381012045_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
Text
20381012045_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
|
Text
20381012045_BAB IV.pdf Download (506kB) |
|
Text
20381012045_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
20381012045_Daftar Rujukan.pdf Download (233kB) |
|
Text
20381012045_Keasliaan Tulisan.pdf Download (194kB) |
Abstract
Kata Kunci : Efektifitas, Pendidikan Agama Islam, Ice Breaking Rendahnya semangat belajar siswa Sekolah Dasar dapat dirasakan oleh setiap guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, maka salah satu upaya SDN Laden 1 Pamekasan dalam efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islammenggunakan metode Ice Breaking. Untuk itu peneliti menyusun sebuah rumusan masalah sebagai berikut : Pertama, Bagaimana penerapan metode ice breaking dalam efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islamdengan menggunakan metode ice breaking didalam kelas IV SDN Laden 1 Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor pendukung dalam efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islamdengan menggunakan metode ice breaking didalam kelas IV SDN Laden 1 Pamekasan, Ketiga, Apa saja faktor penghambat dalam efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islamdengan menggunakan metode ice breaking didalam kelas IV SDN Laden 1 Pamekasan, Keempat, Bagaimana efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islamdengan menggunakan metode ice breaking didalam kelas IV SDN Laden 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah, Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, Siswa-Siswi kelas IV SDN Laden 1 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, Penerapan metode Ice Breaking diterapkan oleh guru dan diikuti oleh seluruh siswa kelas IV, bentuk metode Ice Breaking yang diberikan berbentuk game atau nyanyian, dan waktu dalam penerapannya yakni 2-3 menit. Tujuan dari penerapan ini yakni untuk menghidupakn suasana kelas yang awalnya pasif menjadi aktif. Kedua, faktor pendukung dalam metode ini yakni sarana dan prasarana, semangat siswa, kekreatifan guru, dan tentunya faktor lingkungan. Ketiga faktor penghambat dalam metode ini yakni buku temati atau buku pegangan guru dan siswa yang kurang memadai. Emosional siswa dan alat peraga yang kurang bervariasi. Keempat, efektifitas pembelajaran Pendidikan Agama Islammenggunakan metode Ice Breaking yakni metode ini sanat efektif dan efisien dalam penerapannya, tentunya siswa sangat antusias dan aktif dalam penerapannya, dan metode ini dapat membantu kegiatan belajar mengajar guru di dalam kelas untuk mencapai sebuah tujuan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:21 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:21 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5871 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |