Wahyudi, Irfan (2023) URGENSI PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL (Telaah Pemikiran Muhammad Quraish Shihab Tentang Pendidikan Islam Dalam Buku Membumikan Al-Qur’an). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20160701010067_SAMPUL (PDF).pdf Download (105kB) |
|
Text
20160701010067_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (39kB) |
|
Text
20160701010067_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
|
Text
20160701010067_ABSTRAK (PDF).pdf Download (111kB) |
|
Text
20160701010067_DAFTAR ISI (PDF).pdf Download (12kB) |
|
Text
20160701010067 BAB 1 (PDF).pdf Download (364kB) |
|
Text
20160701010067_BAB 2 (PDF).pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
|
Text
20160701010067_BAB 3 (PDF).pdf Restricted to Repository staff only Download (722kB) |
|
Text
20160701010067_BAB 4 (PDF).pdf Download (285kB) |
|
Text
20160701010067_Daftar Pustaka (PDF).pdf Download (321kB) |
|
Text
20160701010067_Pernyataan Keaslian.pdf Download (42kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pendidikan Islam, Pendidikan Nasional, Muhammad Quraish Shihab Konsep dan aktualisasi pendidikan Islam harus selalu diperbaharui sebagai arah tujuan pendidikan, dalam rangka merespon perkembangan zaman. Pendidikan Islam menunjukkan tentang model pendidikan bercorak Islam pada prinsipnya, konsepsi-konsepsi tentang pendidikan Islam selalu berlandaskan pada Al-Qur’an dan Hadits. Muhammad Quraish Shihab melalui karyanya yang berjudul “Membumikan Al-Qur’an” mencoba menyoroti aspek-aspek kehidupan manusia dengan tinjauan Al-Qur’an, termasuk di dalamnya tentang masalah-masalah pendidikan. Dalam bukunya tersebut, yang secara khusus dapat dilacak pada halaman 172-179 beliau menggulirkan konsep pendidikan Islam dalam Al-Qur’an. Dalam karyanya tersebut, beliau membahas aspek-aspek pendidikan Islam yang meliputi: tujuan pendidikan Islam, metode pendidikan Islam, sifat pendidikan Islam, dan materi pendidikan Islam. Dengan kemudian mengkorelasikan tawaran pemikiran Muhammad Quraish Shihab terhadap tujuan pendidikan nasional. Berdasarkan permasalahan di atas, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana pemikiran Muhammad Quraish Shihab tentang urgensi pendidikan Islam, kedua, Bagaimana korelasi tujuan pendidikan Islam menurut Muhammad Quraish Shihab terhadap tujuan pendidikan Nasional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka. Menurut Abdul Rahman Sholeh, penelitian kepustakaan (library research) ialah penelitian yang mengunakan cara untuk mendapatkan data informasi dengan menempatkan fasilitas yang ada di perpus, seperti buku, majalah, dokumen, catatan kisah-kisah sejarah. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa: pertama, urgensi pendidikan Islam menurut Muhammad Quraish Shihab terdiri dari 1) Pendidikan Akidah, 2) Pendidikan Ibadah, 3) Pendidikan Akhlak, 4) Pendidikan Al-Qur’an, 5) Pendidikan Fiqih, 6) Pendidikan Puasa dan Haji. Kedua, dari pemikiran tersebut ditemukan korelasi tujuan pendidikan Islam terhadap tujuan pendidikan nasional menurut Muhammad Quraish Shihab diantaranya: a) Tarbiyah, b) Ta’lim, c) Ta’dib, 4)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:21 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:21 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5873 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |