Hasanah, Ulfatul (2020) Pengaruh Penerapan Bimbingaan Kelompok Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa kelas V SDN Kangenan 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Ulfatul Hasanah _ 20160701050104_Cover_PGMI.pdf.pdf Download (145kB) |
|
Text
c) Ulfatul Hasanah _ 20160701050104_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf.pdf Download (275kB) |
|
Text
d) Ulfatul Hasanah _ 20160701050104_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf.pdf Download (385kB) |
|
Text
e) Ulfatul Hasanah _ 20160701050104_Abstrak_PGMI.pdf.pdf Download (153kB) |
|
Text
f) Ulfatul Hasanah _ 20160701050104_Daftar_Isi_PGMI.pdf.pdf Download (169kB) |
|
Text
g) Ulfatul Hasanah _ 20160701050104_BAB I_PGMI.pdf.pdf Download (168kB) |
|
Text
h) Ulfatul Hasanah _ 20160701050104_BAB II_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
|
Text
i) Ulfatul Hasanah _ 20160701050104_BAB III_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
|
Text
j) Ulfatul Hasanah _ 20160701050104_BAB IV_PGMI.pdf.pdf Download (746kB) |
|
Text
k) Ulfatul Hasanah _ 20160701050104_BAB V_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
l) Ulfatul Hasanah _ 20160701050104_Daftar Pustaka_PGMI.pdf.pdf Download (88kB) |
|
Text
b) Ulfatul Hasanah _ 20160701050104_Surat_Pernyataan Keaslian_PGMI.pdf.pdf Download (104kB) |
Abstract
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Bimbingan kelompok merupakan layanan bimbingan yang diberikan dalam suasana kelompok. Bimbingan kelompok di sekolah merupakan kegiatan informasi kepada sekelompok siswa untuk membantu mereka menyususn rencana dan keputusan yang tepat. Pada penelitian ini memfokuskan pada suatu permasalahan, yaitu adakah pengaruh bimbingan kelompok terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Kangenan 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi. Instrument data diperoleh melalui angket, observasi dan dokumentasi, serta analisis datanya menggunakan statistic korelasi product moment yang bertujuan untuk mengetahui korelasi antara variabel X dan variabel Y. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: tidak ada pengaruh penerapan bimbingan kelompok terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Kangenan I. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis dengan teknik product moment bahwa nilai ”r” kerja (0,05) lebih kecil dari “r” tabel baik dari paraf signitifikan 5% (0,367) maupun taraf signitifikan 1% ( 0,470), berdasarkan ketentuan jika ”r” kerja lebih kecil dari tabel, maka tidak ada korelasi signitifikan antara bimbingan kelompok terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA. Berdasarkan hasil interpretasi nilai “r” di atas dapat diketahui bahwa nilai “r” hitung sebesar 0,05 berada pada rentangan angka antara 0,000 sampai dengan 0,200 dengan interpretasi tidak berkorelasi antara penerapan bimbingan kelompok terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m_071 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 00:55 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 00:55 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/591 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |