Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Dan Hadis di MAN Sampang

Qorriaina, Fira Arfati (2023) Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Dan Hadis di MAN Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Fira Arfati Qorriaina_19381012176_COVER_PAI (1).pdf

Download (212kB)
[img] Text
Fira Arfati Qorriaina_19381012176_Halaman Persetujuan_PAI (1).pdf

Download (46kB)
[img] Text
Fira Arfati Qorriaina_19381012176_Halaman Pengesahan_PAI (1).pdf

Download (53kB)
[img] Text
Fira Arfati Qorriaina_19381012176_ABSTRAK_PAI (1).pdf

Download (266kB)
[img] Text
Fira Arfati Qorriaina_19381012176_DAFTAR ISI_PAI (1).pdf

Download (194kB)
[img] Text
Fira Arfati Qorriaina_19381012176_BAB I_PAI (1).pdf

Download (484kB)
[img] Text
Fira Arfati Qorriaina_19381012176_BAB II_PAI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
Fira Arfati Qorriaina_19381012176_BAB III_PAI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
Fira Arfati Qorriaina_19381012176_BAB IV_PAI (1).pdf

Download (564kB)
[img] Text
Fira Arfati Qorriaina_19381012176_BAB V_PAI (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
Fira Arfati Qorriaina_19381012176_DAFTAR RUJUKAN_PAI (1).pdf

Download (288kB)
[img] Text
Fira Arfati Qorriaina_19381012176_Keaslian Tulisan_PAI (1).pdf

Download (74kB)

Abstract

Kata Kunci: Upaya, Guru PAI, Kefasihan Membaca Al-Qur’an Adapun fenomena yang terjadi di MAN Sampang terdapat beberapa siswa yang masih kurang fasih dalam membaca Al-Qur’an yang telah diajarkan oleh gurunya, seperti: siswa masih terbata-bata dalam membaca ayat-ayat suci AlQur’an, selain itu juga terdapat sebagian siswa yang masih kurang fasih dalam memahami huruf hijaiyah dan memahami hukum-hukum tajwidnya, sehingga perlu adanya upaya guru PAI dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis di MAN Sampang. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kefasihan membaca AlQur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Dan Hadis di MAN Sampang ?. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis di MAN Sampang ?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, upaya guru PAI dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di MAN Sampang ialah mengajak siswa membaca Al-Qur’an sebelum proses pembelajran dimulai, membaca ayat-ayat Al-Qur’an dalam proses pembelajaran, mengiatkan siswa untuk terbiasa dalam membaca Al-Qur’an, memberikan tugas hafalan kepada siswa, dan guru selalu memperhatikan mahrajatil huruf dikarenakan kefasihan dalam membaca Al-Qur’an tidak hanya sekedar kelancaran dalam membacanya saja tetapi juga menyangkut makharijul huruf dan tajwidnya. Kedua, faktor pendukung Guru PAI dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis di MAN Sampang, antara lain: memiliki guru yang profesional, minat dan motivasi siswa, serta support dari pimpinan sekolah berupa sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya, antara lain: kurangnya perhatian orang tua dan kondisi anak yang ramai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:50
Last Modified: 10 Jul 2024 04:50
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5929

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item