Shalihah, Nikmatus (2020) Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Maarif 5 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Nikmatus Shalihah_20160701080075_Cover_IPS.pdf Download (168kB) |
|
Text
c) Nikmatus Shalihah_20160701080075_Lembar-Peresetujuan_Pembimbing_IPS.pdf Download (237kB) |
|
Text
d) Nikmatus Shalihah_20160701080075_Lembar Pengesahan_TIPS.pdf Download (165kB) |
|
Text
e) Nikmatus Shalihah_20160701080075_Abstrak_IPS.pdf Download (119kB) |
|
Text
f) Nikmatus Shalihah_20160701080075_Daftar_Isi_IPS.pdf Download (513kB) |
|
Text
g) Nikmatus Shalihah_20160701080075_BAB I_IPS.pdf Download (307kB) |
|
Text
h) Nikmatus Shalihah_20160701080075_BAB II_IPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
|
Text
i) Nikmatus Shalihah_20160701080075_BAB III_IPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
|
Text
j) Nikmatus Shalihah_20160701080075_BAB IV_IPS.pdf Download (791kB) |
|
Text
k) Nikmatus Shalihah_20160701080075_BAB V_IPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
Text
l) Nikmatus Shalihah_20160701080075_Daftar_Pustaka_IPS.pdf Download (367kB) |
|
Text
b) Nikmatus Shalihah_20160701080075_Surat_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_IPS (1).pdf Download (322kB) |
Abstract
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang mengkaji tentang isu-isu sosial dengan unsur kajiannya dalam konteks peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi. Pada jenjang SMP/MTs, mata pelajaran IPS memuat materi Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi, perlu seorang guru yang kreatif dalam proses pembelajaran untuk memotivasi belajar siswa. Sehingga dengan kreativitas mengajar guru siswa dapat termotivasi dengan membuat pelajaran yang menarik. Berdasarkan hal tersebut maka ada dua permasalahan yang diteliti, yaitu pertama, adakah pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Maarif 5 Pamekasan, kedua seberapa besar pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Maarif 5 Pamekasan. Adapun hipotesis yang diajukan yaitu pertama, Ho: tidak terdapat pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Maarif 5 Pamekasan. Kedua, Ha: terdapat pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Maarif 5 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, cara pengambilan sampe menggunakan teknik cluster slamping sedangkan jenis penelitiannya adalah korelasi product moment. Adapun respondennya adalah siswa kelas VIII SMP Maarif 5 Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Maarif 5 Pamekasan. Hal tersebut dibuktikan dengan lebih kecilnya harga r kerja dibandingkan dengan r tabel, yakni perbandingan antara 0,444 dengan 0,126 pada interval kepercayaan 5%. Kedua, dibuktikan dengan cara mengkonsultasikan harga “r” kerja dengan interpretasi korelasi product moment, diketahui bahwa nilai “r” kerja sebesar 0,126 berada pada interval 0,000 sampai 0,200 dengan interpretasi sangat rendah. Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti menyatakan “tidak terdapat pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Maarif 5 Pamekasan.”
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m20B ?? ?? m71E ?? ?? m_071 ?? ?? m_196 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs. Fatimah Aria Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 00:58 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 00:58 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/593 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |