Efektivitas E-learning terhadap Minat Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam ( PAI) Kelas D Angkatan 19 IAIN Madura

Aini, Intan Nur (2023) Efektivitas E-learning terhadap Minat Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam ( PAI) Kelas D Angkatan 19 IAIN Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Intan Nur Aini_19381012082_Cover_PAI.pdf

Download (57kB)
[img] Text
Intan Nur Aini_19381012082_persetujuan pembimbin_PAI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
Intan Nur Aini_19381012082_Lembar Pengesahan_PAI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Intan Nur Aini_19381012082_Abstrak_PAI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Intan Nur Aini_19381012082_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Intan Nur Aini_19381012082_BAB I_PAI.pdf

Download (359kB)
[img] Text
Intan Nur Aini_19381012082_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
Intan Nur Aini_19381012082_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
Intan Nur Aini_19381012082_BAB IV_PAI.pdf

Download (926kB)
[img] Text
Intan Nur Aini_19381012082_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
Intan Nur Aini_19381012082_Daftar pustaka_PAI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Intan Nur Aini_19381012082_Pernyataan Keaslian_PAI.pdf

Download (139kB)

Abstract

Kata Kunci : Efektivitas, E-learning, Minat Belajar Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya problem covid 19 yang meledak pada tahun 2019 lalu. Oleh karena itu, seluruh sektor tatanan kehidupan dipengaruhi oleh wabah covid 19 salah satunya adalah sektor pendidikan. Pendidikan yang pada mulanya dilaksanakan tatap muka, maka setelah mewabahnya covid 19 mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara jarak jauh guna memutus rantai penularan wabah covid 19. Maka dari itu, Institut Agama Islam Negeri Madura membuat solusi alternatif dari pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan aplikasi berbasis web yaitu E-learning. Maka dari hal itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran penggunaan E-learning, kemudian dihubungkan dengan minat belajar mahasiswa, dan efektivitas penggunaan Elearning IAIN Madura di ruang lingkup Prodi Pendidikan Agama Islam Kelas D Angkatan 19 IAIN Madura. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, data polling, observasi dan dokumentasi. Responden atau informannya adalah Ketua pengelola Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data IAIN Madura, Dosen mengajar di Prodi PAI kelas D angkatan 19 IAIN Madura. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui pengamatan panjang, Triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, E-learning yang berperan sebagai media pembelajaran dengan harapan media ajar E-learning ini sebagai alternatif pendukung proses belajar-mengajar pada pandemi covid-19. Kedua, Minat belajar jika dikaitkan dengan media pembelajaran E-learning yang digunakan di IAIN Madura, maka memperoleh hasil minat belajar mahasiswa dipengaruhi oleh media pembelajaran E-learning meskipun tidak secara signifikan. Ketiga, E-learning bersifat relatif dalam arti bisa efektif dan bisa tidak efektif. Di karenakan, E-learning adalah aplikasi web yang diakses oleh user yang berbeda sehingga setiap individual dosen maupn mahasiswa. Namun, berdasarkan hasil polling yang disebarkan pada mahasiswa prodi PAI angkatan 19 IAIN Madura menunjukkan hasil bahwa E-learning tidak efektif digunakan dengan jumlah besar persentase 81,57% (hasil persentase E-learning IAIN Madura tidak efektif digunakan dan bisa mempengaruhi minat belajar mahasiswa).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:49
Last Modified: 10 Jul 2024 04:49
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5940

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item