Hunain, Ishaq (2023) Implementasi Penguatan Literasi Digital Melalui Multimedia Smart TV dalam Pembelajaran SKI Kelas XI di MAN 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
IshaqHunain-Sampul.pdf Download (39kB) |
|
Text
IshaqHunain-Halaman persetujuan.pdf Download (82kB) |
|
Text
IshaqHunain-Halaman pengesahan.pdf Download (101kB) |
|
Text
IshaqHunain-Abstrak.pdf Download (32kB) |
|
Text
IshaqHunain-Daftar Isi.pdf Download (35kB) |
|
Text
IshaqHunain-BAB I.pdf Download (270kB) |
|
Text
IshaqHunain-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
Text
IshaqHunain-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text
IshaqHunain-BAB IV.pdf Download (337kB) |
|
Text
IshaqHunain-BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
Text
IshaqHunain-Daftar Rujukan.pdf Download (185kB) |
|
Text
IshaqHunain-Keaslian Tulisan.pdf Download (41kB) |
Abstract
Kata Kunci : Penguatan, Literasi digital, Multimedia, Smart TV Rendahnya minat literasi yang dikemukakan oleh beberapa survei PISA, UNDP dan UNESCO didalamnya menyatakan bahwa Indonesia masih tergolong rendah dalam berliterasi. Salah satu upaya MAN 2 Pamekasan dalam penguatan literasi digital yaitu melalui multimedia smart TV. Untuk itu peneliti Menyusun sebuah rumusan masalah sebagai berikut: Pertama bagaimana implementasi penguatan literasi digital melalui multimedia smart TV dalam pembelajaran SKI kelas XI di MAN 2 Pamekasan. Ke dua bagaimana dampak nya Dan ketiga apa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan nya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah, Waka Bidang Kurikulum Madarasah, Oprator smart TV, guru mata pelajaran SKI kelas XI dan siswa MAN 2 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, implementasi penguatan literasi digital di MAN 2 Pamekasan melalui 3 tahapan yaitu tahap planning, tahap pembelajaran dan tahap evaluasi. Jenis Smart TV yang digunakan berupa Interactive Smart TV 65 Inch yang kemudian dikembangkan fiturnya. Penggunaan multimedia smart TV di kolaborasikan melalui metode pembelajaran aktif dan media pembelajaran yang tersedia pada layanan gooogle. Kedua Dampak implementasi penguatan liter Dampak penguatan literasi digital peserta didik melalui multimedia smart TV dalam pembelajaran SKI kelas XI di MAN 2 Pamekasan yaitu sebagai sarana edukasi literasi penggunaan media digital, peningkatan motivasi belajar dan peningkatan pencapaian hasil belajar peserta didik dan berdampak pada kemandirian berupa kreatifitas belajar. Sedangkan dampak negatifnya jika penggunaan nya kurang interaktif maka peserta didik bosan monoton menatap layer monitor. Ketiga faktor pendukung penguatan literasi digital melalui multimedia smart TV dalam pembelajaran SKI kelas XI di MAN 2 Pamekasan antara lain: Adanya program vokasi multimedia madrasah.Terdapat beberapa fitur pendukung penggunaan smart TV yang tersedia pada layanan google Ketersediaan sarana prasarana madrasah. Sedangkan Faktor penghambat minimnya pengetahuan oprasional fitur smart TV. Stabilitas akses koneksi internet. dan Jumlah smart TV yang disediakan madrasah terbatas.sss
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:49 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:49 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5941 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |