Penerapan Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas IX di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan

kholilullah, Mohammad (2023) Penerapan Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas IX di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
sampul skripsi.pdf

Download (142kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Hal. Pengesahan.pdf

Download (141kB)
[img] Text
ABSTRAK kholil.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR ISI kh.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text
keaslian tulisan1.pdf

Download (152kB)

Abstract

Kata Kunci : Penerapan, Teori Humanistik, Akidah Akhlak Penelitian ini dimulai dari ketertarikan Seorang Peneliti untuk mengetahui tentang Bagaimana Penerapan Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas IX di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Penerapan teori belajar humansitik sangat penting dalam pembelajaran dikarenakan dapat meningkatkan otivasi siswa dan menjalin asas kekeluargaan dalam lingkup sekolah tersebut. Penerapan teori belajar humanisitk ialah sebagai aktivitas jasmani dan rohani guna memaksimalkan proses perkembangan yang bertujuan untuk menjadikan manusia selayaknya manusia, keberhasilan belajar ditandai bila peserta didik mengenali dirinya dan lingkungan sekitarnya dengan baik. Peserta didik dihadapkan pada target untuk mencapai tingkat aktualisasi diri semaksimal mungkin. Berdasarkan hal tersebut, tedapat 2 permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu pertama Bagaimana penerapan teori humanistik dalam meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan? kedua Apa saja faktor penghambat dan pendukung penerapan teori belajar Humanistik dalam meningkatkan motivasi siswa siswa di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan? Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang di peroleh oleh peneliti berupa obsevasi (non partisipan), wawancara tidakk terstruktur kepada pihak yang bersangkutan dan dokumentasi, dengan imforman uang berjumlah 3 orang yaitu kepala sekolah, Guru Akidah Akhlak Kelas IX, dan siswa di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil Penelitian Ini Menunjukan bahwa , pertama , penerapan teori belajar humanistik dalam meningkatkan motivasi siswa di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan, diamana guru menyiapkan kelas terlebih dahulu, melakukan absen dan pretest dengan cara guru menyiapkan sepidol setelahnya sepidol itu di estafet dan yang terakhir memegangnya berrti dia yang berhak menjawab pertanyaan tersebut. Yang tidak kalah penting ialah guru memberikan kebebasan kepada siswa perihal metode pembelajaran apa yang mereka inginkan sehingga mereka merasa memiliki hak dalam kegiatan belajar mengajar dan suasana dikelas tidak ada ancaman dan ketakutan bagi siswa. Kedua , faktor pendukung dan penghambaat penerapan teori belajar humansitik dalam meningkatkan motivasi siswa di MTs Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan ialah bahwa ada faktor pendukung dalam penerapan teori belajar humanistik dimana ada sebagian guru yang senang ketika menerapkan teori belajar tersebut serta dukungan dari kepala sekolah dan sarana prasarana. Faktor penghambatnya ialah Kurangnya interaksi antara guru dan siswa. Motivasi siswa, dukungan guru, dan fasilitas juga berperan penting dalam membentuk nilai humanistik siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:49
Last Modified: 10 Jul 2024 04:49
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5949

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item