Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN MANGAR 2 Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura

Mrs, Susilawati (2020) Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN MANGAR 2 Tlanakan Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1. Susilawati_20160701050100_Cover_PGMI.pdf.pdf

Download (185kB)
[img] Text
2. Susilawati_20160701050100_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf.pdf

Download (376kB)
[img] Text
3. Susilawati_20160701050100_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf.pdf

Download (406kB)
[img] Text
4. Susilawati_20160701050100_Abstrak_PGMI.pdf.pdf

Download (148kB)
[img] Text
5. Susilawati_20160701050100_Daftar Isi_PGMI.Pdf.pdf

Download (238kB)
[img] Text
6. Susilawati_20160701050100_BAB I_PGMI.pdf.pdf

Download (576kB)
[img] Text
6. Susilawati_20160701050100_BAB I_PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] Text
7. Susilawati_20160701050100_BAB II_PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
8. Susilawati_20160701050100_BAB III_PGMI.pdf.pdf

Download (476kB)
[img] Text
9. Susilawati_20160701050100_BAB IV_PGMI.pdf.pdf

Download (558kB)
[img] Text
10. Susilawati_20160701050100_BAB V_PGMI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
11. Susilawati_20160701050100_Daftar pustaka_PGMI.pdf.pdf

Download (362kB)
[img] Text
Susilawati_20160701050100_Surat pernayataan keaslian_PGMI.pdf.pdf

Download (79kB)

Abstract

Kata Kunci: Sumber Daya Alam, Minat dan hasil Belajar. Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mangar 2 Tlanakan Pamekasan pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di lingkungan sekolah tersebut. Permasalahan yang menjadi kajian di sini yaitu bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di lingkungan sekolah pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Mangar 2 Tlanakan Pamekasan, dan bagaimana hasil pemanfaatan sumber daya alam yang ada di lingkungan sekolah terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mangar 2 Tlanakan Pamekasan. Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Tiap siklusnya yang merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Perencanaan, untuk mengidetifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran. 2) Implementasi Tindakan, melaksanakan pembelajaran materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. 3) Observasi, pengambilan data tentang minat dan hasil belajar siswa melalui tes dan lembar observasi siswa. 4) Refleksi, meganalisis data hasil kegiatan. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV-B SDN Mangar 2 Tlanakan Pamekasan yang berjumlah 24 siswa, yang terdiri dari 14 siswa laki-laki, dan 10 siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini memanfaatkan Sumber Daya Alam berupa tumbuhan pada saat pembelajaran tematik, tema 3 (Peduli Terhadap Mkhluk Hidup), sub tema 1 (Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku), pembelajaran 3, fokus pembelajaran IPA, materi bagianbagian tumbuhan dan fungsinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, proses pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Sumber Daya Alam yang ada di lingkungan sekolah SDN Mangar 2 berjalan dengan baik, sebagaimana terlihat setiap siklusnya. Kedua, pemanfaatan Sumber Daya Alam dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini minat dan hasil belajar siswa dapat meningkat, dilihat dari hasil tes dan juga lembar pengamatan aktivitas belajar siswa. Dari hasil tes yang dilakukan pada setiap siklus, siklus I siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa atau 67% dengan nilai rata-rata 71. Pada siklus II meningkat menjadi 21 siswa yang tuntas atau 87% siswa yang tuntas, dan 3 yang tidak tuntas. Sedangkan hasil pengamatan aktivitas belajar siswa juga meningkat yang mana pada siklus I yang memperoleh predikat A sebanyak 1 siswa, yang medapatkan predikat B 16 siswa, dan yang mendapatkan predikat C 7 siswa. Pada siklus II meningkat yaitu yang mendapat predikat A sebanyak 6 siswa, dan yang mendapat predikat B sebanyak 18 siswa. Nilai akhir dari pelaksanaan siklus I dan II memberi bukti bahwa Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Lingkungan Sekolah Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Mangar 2 Tlanakan Pamekasan mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? m20B ??
?? m71E ??
?? m_048 ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:57
Last Modified: 24 Feb 2021 02:57
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/596

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item