Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Pendek Cerita Hijrahku pada Channel Youtube Film Maker Muslim

Safitri, Bella Maya (2023) Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Pendek Cerita Hijrahku pada Channel Youtube Film Maker Muslim. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Bella Maya Safitri_19381012129_Cover_PAI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Bella Maya Safitri_19381012129_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PAI.pdf

Download (643kB)
[img] Text
Bella Maya Safitri_19381012129_Lembar Pengesahan_PAI.pdf

Download (715kB)
[img] Text
Bella Maya Safitri_19381012129_Abstrak_PAI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Bella Maya Safitri_19381012129_Daftar_Isi_PAI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Bella Maya Safitri_19381012129_BAB I_PAI.pdf

Download (451kB)
[img] Text
Bella Maya Safitri_19381012129_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
Bella Maya Safitri_19381012129_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bella Maya Safitri_19381012129_BAB IV_PAI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Bella Maya Safitri_19381012129_Daftar_Pustaka_PAI.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Bella Maya Safitri_19381012129_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_PAI.pdf

Download (723kB)

Abstract

Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Islam, Film Pendek Cerita Hijrahku, Film Maker Muslim Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam sangatlah penting apalagi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat nilai-nilai pendidikan Islam memerlukan cara baru yang menarik dalam penyampainnya agar mudah untuk diterima oleh masyarakat khususnya para generasi muda yang sekarang ini mulai menunjukkan kemerosotan moral. Dari masalah tersebut maka channel youtube menjadi salah satu media yang dapat digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam. Dan salah satu channel yotube yang memuat konten-konten Islami adalah channel youtube Film Maker Muslim. Dan salah satu konten videonya yang diambil peneliti kali ini yaitu film pendek yang berjudul “Cerita Hijrahku”. Film ini sangat terhubung dengan kehidupan seharihari, karena terkait dengan makna hijrah yang mulai banyak dipakai oleh kalangan remaja, namun banyak yang salah dalam mengartikan kata hijrah. Sehingga sering membuat orang salah dalam menjalankan hijranya. Selain itu, alur cerita serta dialog atau narasi yang mudah dicerna oleh masyarakat juga menambah film bertema hijrah ini memiliki banyak makna. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua hal yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film pendek Cerita Hijrahku pada channel youtube Film Maker Muslim. kedua, Apa saja pesan moral yang dapat diteladani dalam film pendek Cerita Hijrahku pada channel youtube Film Maker Muslim. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan sosiologis. Sumber data diperoleh melalui data primer yang merupakan Film Cerita Hijrahku pada Channel Youtube Film Maker Muslim, dan data sekunder melalui buku-buku, jurnal, artikel, dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan fokus penelitian. Sedangkan pengecekan keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teori dan teknik ketekunan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam Film Pendek Cerita Hijrahku ialah Nilai-nilai Pendidikan Islam baik dari aspek Aqidah yang meliputi iman kepada qada’ dan qadar, Aspek Akhlak yang meliputi: Akhlak kepada Allah dan Akhlak kepada Diri sendiri. Aspek Ibadah yang meliputi: Shalat, berdo’a dan menuntut ilmu. Dan juga megandung nilai sosial yang meliputi: Kepedulian, tolong-menolong dan disiplin. Kedua, pesan moral yang dapat diambil dalam film pendek cerita hijrahku adalah mampu mengajarkan seseorang untuk berusaha menjadi lebih baik, mengajarkan seseorang untuk bisa menghargai pilihan orang lain, dan juga mengajarkan seseorang untuk bisa menerima takdir yang sudah ditentukan oleh Allah Swt. Oleh karenanya, peneliti menilai film ini layak dan relevan untuk digunakan sebagai media alternatif internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam, khususnya bagi kaum remaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:47
Last Modified: 10 Jul 2024 04:47
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5991

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item