Putri, Lisa Jazilah (2023) Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Luar Biasa Yasmin Kabupaten Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Lisa jazilah putri_19381042023_COVER_MPI.pdf Download (267kB) |
|
Text
Lisa jazilah putri_19381042023_Halaman persetujuan _MPI.pdf Download (358kB) |
|
Text
Lisa jazilah putri_19381042023_Halaman pengesahan _MPI.pdf Download (279kB) |
|
Text
Lisa jazilah putri_19381042023_ABSTRAK_MPI (1).pdf Download (148kB) |
|
Text
Lisa jazilah putri_19381042023_DAFTAR ISI_MPI.pdf Download (311kB) |
|
Text
Lisa jazilah putri_19381042023_BAB I_MPI.pdf Download (395kB) |
|
Text
Lisa jazilah putri_19381042023_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
Text
Lisa jazilah putri_19381042023_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
Text
Lisa jazilah putri_19381042023_BAB IV_MPI.pdf Download (396kB) |
|
Text
Lisa jazilah putri_19381042023_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
Text
Lisa jazilah putri_19381042023_DAFTAR RUJUKAN_MPI.pdf Download (367kB) |
|
Text
Lisa jazilah putri_19381042023_Pernyataan Keaslian tulisan_MPI.pdf Download (463kB) |
Abstract
Kata Kunci Manajemen Kurikulum Berdasarkan hal tersebut maka ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu pertama bagaimana pengelolaan kurikulum anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa Yasmin Kabupaten Sumenep, kedua bagaimana kendala dan solusi dalam pengelolaan kurikulum anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa Yasmin Kabupaten Sumenep. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum pendidikan anak berkebutuhan khusus (ABK) beserta kendala dan solusi yang ada di SLB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi, subyek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Penelitian menunjukkan manajemen kurikulum pendidikan ABK terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengembangan. Pada perencanaan SLB Yasmin Sumenep melakukan beberapa proses, yakni identifikasi yang dilakukan oleh pihak medis, asesmen dengan mendatangkan ahli psikolog, membentuk tim pengembangan kurikulum, dan mempersiapkan perangkat pembelajaran. Sedangkan strategi untuk pengembangan perencanaan kurikulum yakni dengan pembelajaran yang mendalam, serta akses dan diversifikasi. Pada evaluasi melakukan peninjauan, pengembangan dan perbaikan kurikulum. Manajemen kurikulum pendidikan ABK di SLB Yasmin Sumenep ini tidak lepas dari kendala dan solusi yang dilakukan oleh pihak sekolah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:28 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:28 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6013 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |