Strategi Penerapan Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Ainul Falah Bakeong Guluk-Guluk Sumenep

Arifin, Miftahul (2023) Strategi Penerapan Total Quality Management (TQM) Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Ainul Falah Bakeong Guluk-Guluk Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Miftahul Arifin_19381041100_COVER_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Miftahul Arifin_19381041100_HALAMAN PERSETUJUAN_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Miftahul Arifin_19381041100_Halaman Pengesahan_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Miftahul Arifin_19381041100_ABSTRAK_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (356kB)
[img] Text
Miftahul Arifin_19381041100_BAB 1_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (501kB)
[img] Text
Miftahul Arifin_19381041100_BAB 2_Manajemen Pendidikan Islam.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
Miftahul Arifin_19381041100_BAB 3_Manajemen Pendidikan Islam.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
Miftahul Arifin_19381041100_BAB 4_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Miftahul Arifin_19381041100_BAB 5_Manajemen Pendidikan Islam.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
Miftahul Arifin_19381041100_DAFTAR RUJUKAN_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (321kB)
[img] Text
Miftahul Arifin_19381041100_Surat Keaslian Tulisan_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (292kB)

Abstract

Kata Kunci: Penerapan Total Qulity Management, Mutu, Layanan Penelitian ini dilatarbelakangi pada pentingnya sebuah pelayanan yang mengaharuskan pihak pemberi jasa pelayanan harus bisa memenuhi apa yang diharapkan oleh pelanggan. Hal ini dikarenakan pelanggan yang paling utama sangat merasakan dampaknya dari pelayanan yang ditawarkan. Tidak hanya karena pentingnya sebuah pelayanan, hal ini juga bisa mempengaruhi dari akreditasi dalam lembaga pendidikan. Akreditasi sangat penting karena, dengan hadirnya akreditasi bisa mengetahui sejauhmana telah memenuhi kriteria mutu yang sudah ditetapkan oleh akreditasi nasional sebagai standar minimal kualitas. Dari hal tersebut, tentunya lembaga pendidikan harus melakukan evaluasi dan perbaikan serta harus memenuhi satandar akreditasi yang kurang maksimal, salah satunya terkait layanan pendidikan. Fokus penelitian yang diambil oleh peneliti yaitu Bagaimana Peran Kepala Madrasah Dan Program Mengenai Total Quality Management (TQM) Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Di Madrasah Tsanawiyah Ainul Falah Bakeong Guluk-Guluk Sumenep ? Dan Bagaimana Bentuk Penerapan Yang Dilakukan Berkaitan Dengan Total Quality Management (TQM) Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Di Madrasah Tsanawiyah Ainul Falah Bakeong Guluk-Guluk Sumenep ?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan sumber datanya yaitu kepala madrasah, kepala TU, Waka kurikulum, waka kesiswaan, operator lab, pegawai pusat pelayanan madrasah, guru dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya dilakukan dengan trianggulasi, perpanjangan pengamatan, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:Pertama, kepala madrasah selalu mengedepankan musyawarah serta dari hasil yang dimusyawarahkan, melalui kepala madrasah, kepala madrasah mensosialisasikan program yang disepakati kepda warga madrasah. Adapun program yang ditawarkan, ada dua program yang diunggulkan dalam meningatkan mutu layanan seperti adanya pusat pelayanan madrasah yang bergerak di semua pelayanan seperti administrasi, samapi kebutuhan penunjang KBM. Kedua, adapun bentuk penerapnnya yang berkaitan dengan Total Quality Management (TQM) Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Di MTs Ainul Falah yaitu madrasah selalu melakukan evaluasi dalam setiap satu pekan satu kali terkait KBM yang berjalan serta program yang berjalan. Selain itu madrasah dalam programnya yang bernama IGYAF juga mengadakan khotmil qur’an dalam setiap satu bulan satu kali, serta setalah melaksanakan khotmil qur’an sema dewan guru dan tenaga pendidik bermusyawarah membahas madrasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:32
Last Modified: 11 Jul 2024 02:32
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6023

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item