Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas XI Di MAN 1 Pamekasan

Hapsari, Atieqah Pretty (2024) Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Pada Siswa Kelas XI Di MAN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381012010_SAMPUL.pdf

Download (187kB)
[img] Text
20381012010_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text
20381012010_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
20381012010_ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
20381012010_DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
20381012010_BAB I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
20381012010_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
20381012010_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] Text
20381012010_BAB IV.pdf

Download (981kB)
[img] Text
20381012010_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
20381012010_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (271kB)
[img] Text
20381012010_PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (136kB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Pendidikan, Student Team Achievement Division. Student Team Achievement Division atau biasa disebut STAD merupakan model pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Model pembelajara ini merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang paling mudah untuk diterapkan. Cara kerja model pembelajaran ini dengan berdiskusi antar kelompok untuk memecahkan suatu masalah juga untuk meningkatkan pemahaman antar peserta didik demi memperoleh hasil belajar yang meningkat. Guru juga merupakan kunci dari keberhasilan model pembelajaran ini yang mana, guru harus dapat mengkondisikan siswanya untuk berdiskusi. Permasalahan yang terjadi pada saat pembelajaran yakni rendahnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik dan kurang semangat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Dengan perasalahan tersebut, peneliti mendapati dan merumuskan permasalahan yakni: Bagaimana penerapan model pembelajaran Student team Achievement Division dalam upaya peningkatan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak pada siswa kelas XI di MAN 1 Pamekasan? Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini yakni siswa kelas XI di MAN 1 Pamekasan. Data yang diperoleh peneliti yakni dengan wawancara, observasi, dokumentasi, tes hasil belajar, dan lembar pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI MAN 1 Pamekasan pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yakni 70, materi Bab Akhlak terpuji Sub Bab Adab Bertamu dan Adab Menerima Tamu, siklus I memeperoleh presentase ketuntasan hasil belajar 51,72% (15 peserta didik), sedangkan siklus II memperoleh peningkatan menjadi 86,2% (25 peserta didik) dengan kriteria (Sangat Baik). Sedangkan untuk sisanya yakni 4 peserta didik yang belum memenihi kriteria ketuntasan. Pada diskusi yang telah dilaksanakan, siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:45
Last Modified: 10 Jul 2024 04:45
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6044

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item