Penerapan Strategi Poster Comment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs. Miftahul Ulum Larangan Badung Palengaan Pamekasan

Jamila, Mufarrohatul (2023) Penerapan Strategi Poster Comment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs. Miftahul Ulum Larangan Badung Palengaan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Mufarrohatul Jamila_19381012152_COVER_PAI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Mufarrohatul Jamila_19381012152_Lembar Persetujuan Pembimbing_PAI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
Mufarrohatul Jamila_19381012152_Halaman Pengesahan_P.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Mufarrohatul Jamila_19381012152_Abstrak_PAI.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Mufarrohatul Jamila_19381012152_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Mufarrohatul Jamila_19381012152_BAB I_PAI.pdf

Download (436kB)
[img] Text
Mufarrohatul Jamila_19381012152_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
Mufarrohatul Jamila_19381012152_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
Mufarrohatul Jamila_19381012152_BAB IV_PAI.pdf

Download (633kB)
[img] Text
Mufarrohatul Jamila_19381012152_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
Mufarrohatul Jamila_19381012152_Daftar Rujukan_PAI.pdf

Download (414kB)
[img] Text
Mufarrohatul Jamila_19381012152_Surat Pernyataan Kea.pdf

Download (50kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Poster Comment, Hasil Belajar, Pembelajaran AlQur’an Hadits. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di MTs. Miftahul Ulum Larangan Badung Palengaan Pamekasan pada pembelajaran AlQur’an Hadits, rendahnya hasil belajar merupakan permasalahan yang diakibatkan kurang efektifnya guru dalam pembelajaran sehingga siswa kurang aktif yang menyebabkan hasil belajar siswa menurun, oleh karena itu guru Al-Qur’an Hadits menerapkan strategi poster comment sebagai alat dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan strategi poster comment dalam mengaktifkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs. Miftahul Ulum Larangan Badung, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dari penerapan strategi poster comment, serta bagaimana hasil belajar yang diperoleh siswa setelah guru menerapkan strategi poster comment di MTs. Miftahul Ulum Larangan Badung Palengaan Pamekasan. Untuk mencapai tujuan penelitian di atas peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, serta validasi data yang digunakan melalui beberapa teknik yakni perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan fakta bahwa guru AlQur’an Hadits di MTs. Miftahul Ulum Larangan Badung Palengaan Pamekasan telah menerapkan strategi poster comment untuk meningkatkan hasil belajar siswa, adapun langkah-langkahnya, yaitu: 1). guru memberikan gambar kepada siswa untuk diamati, 2). siswa diminta memberikan komentar dan pendapat, 3). Guru menjelaskan materi, 4). Guru memberikan evaluasi dan kesimpulan. Adapun faktor pendukung dari penerapan strategi poster comment yaitu: Guru dapat membangkitkan semangat dan keaktifan siswa pada proses pembelajaran, siswa mudah memahami materi pelajaran, media yang menarik. Sedangkan faktor penghambat dari penerapan strategi poster comment ini yaitu: Terbatasnya waktu ketika guru menerapkan strategi poster comment dan waktu bagi siswa memperoleh materi secara maksimal karena siswa hanya terfokus pada satu media gambar saja. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits sangat meningkat, sehingga pada proses penerapannya guru berhasil menerapkan strategi poster comment dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran AlQur’an Hadits.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:45
Last Modified: 10 Jul 2024 04:45
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6051

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item