Qomariyah, Nurul (2023) Relevansi Konsep Pendidikan Islam Perspektif Buya Hamka di Era Society. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381012059_SAMPUL.pdf Download (196kB) |
|
Text
19381012059_ HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (282kB) |
|
Text
19381012059_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (217kB) |
|
Text
19381012059_ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text
19381012059_DAFTAR ISI.pdf Download (272kB) |
|
Text
19381012059_BAB I.pdf Download (992kB) |
|
Text
19381012059_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
|
Text
19381012059_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) |
|
Text
19381012059_BAB IV.pdf Download (188kB) |
|
Text
19381012059_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (423kB) |
|
Text
19381012059_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (117kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pendidikan Islam, Buya Hamka, Era Society. Dalam Islam pendidikan adalah usaha yang berkesadaran atau dilakukan secara sadar dan pendidikan yang bertujuan dengan landasan syari’at Islam dengan kegiatan yang harus memiliki tujuan, dan target yang jelas. Dalam dunia pendidikan, manusia harus mampu mengimbangi akselerasi yang terjadi saat ini dengan perubahan yang cepat untuk mengikuti era yang lebih maju yakni era society yang sedang dihadapi. Hampir setiap negara telah memasuki era society 5.0. Oleh karena itu, konsep pendidikan Islam harus lebih dikuatkan karena kemajuan teknologi akan beriringan di era saat ini. Menyikap tentang pendidikan Islam, salah satu tokoh dan ulama’ Indonesia yakni Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau biasa disapa Buya Hamka menuangkan pemikirannya tentang konsep pendidikan Islam. Hamka mendefenisikan Pendidikan Islam sebagai “salah satu bentuk usaha dalam membentuk watak dan akal budi. Adapun fokus penelitian yang digunakan oleh peneliti yakni Pertama konsep pendidikan Islam perspektif Hamka, dan Kedua relevansi konsep pendidikan Islam perspektif Hamka di Era Society. Dalam penelitian, peneliti menggunakan jenis penelitian Kepustakaan (Libarary Research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari Karya Buya Hamka, serta literature yang mendukung penelitian ini melalui tekhnik Dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan Analisis isi dan Grounded Theory. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kecukupan refrensi dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pertama, Konsep pendidikan Islam perspektif Hamka yakni dibagi dalam 7 bagian. 1. Konsep ilmu perspektif hamka, 2. Tujuan pendidikan Islam perspektif Hamka, 3. Kurikulum Pendidikan Islam Perspektif Hamka, 4. Peserta didik pesrpektif Hamka, 5. Pendidik perspektif Hamka, 6. Lingkungan pendidikan Islam perspektif Hamka, 7. Islam sebagai Way Of Life perspektif Hamka yang bermakna sebagai suatu proses dalam pembentuka akhlak dan menghasilkan karakter yang baik. Kedua, relevansi konsep pendidikan Islam pandangan Hamka yakni pendidikan islam sebagai pandangan dalam hidup ditengah era yang semakin maju. Adanya pendidikan islam sebagai fiter dari terjadinya integralisasi antara pendidikan Islam dan Era Society yang penuh dengan tekhnologi. Hamka mempunyai pedoman bahwa suatu pendidikan disesuaikan dengan zaman yang diduduki.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:45 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:45 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6052 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |