Strategi Guru Tematik Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas VI MI Sabilul Huda Ganding Sumenep

Hayati, Hayati (2023) Strategi Guru Tematik Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas VI MI Sabilul Huda Ganding Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
19381042101_SAMPUL.pdf

Download (85kB)
[img] Text
19381042101_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text
19381042101_HALAMAN PENGESAHAN..pdf

Download (199kB)
[img] Text
19381042101_ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
19381042101_DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB)
[img] Text
19381042101_BABI.pdf

Download (304kB)
[img] Text
19381042101_BABII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
19381042101_BABIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
19381042101_BABIV.pdf

Download (238kB)
[img] Text
19381042101_BABV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
19381042101_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text
19381042101_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (624kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter Disiplin Siswa Karakter disiplin merupakan salah satu nilai karakter yang memegang peranan penting dalam perkembangan sikap sosial siswa. Manusia akan selalu bisa mengendalikan dan mengontrol apa yang akan dilaksanakannya hanya dengan melalui kehidupan yang teratur dan disiplin. Oleh karena itu, dalam dunia pendidikan, penting bagi seorang guru untuk membentuk karakter disiplin siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk strategi guru tematik dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas VI MI Sabilul Huda. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi pokok pembahasan dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana strategi guru tematik dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas VIMI Sabilul Huda Ganding Sumenep, kedua Apa saja hambatan atau kendala guru tematik dalam menerapkan strategi pembentukan karakter disiplin siswa di kelas VI MI Sabilul Huda Ganding Sumenep dan ketiga Apa saja indikator tercapainya tujuan pendidikan karakter disiplin siswa kelas VIMI Sabilul Huda Ganding Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru tematik kelas VI serta siswa/i MI Sabilul Huda Ganding Sumenep. Dan pegecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama,Strategi guru tematik dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas VI MI Sabilul Huda adalah memberikan peraturan, guru mampu menjadi teladan/contoh bagi siswa, memberikan reward atau sekadar pujian kepada siswa yang rajin dan suka berperilaku disiplin, dan yang terakhir adalah memberikan hukuman bagi yang melanggar. Kedua,faktor penghambat atau kendala guru tematik dalam menerapkan strategi pembentukan karakter disiplin siswa di kelas VI MI Sabilul Huda Ganding Sumenep adalah faktor keluarga dan kesadaran diri. Ketiga, Indikator tercapainya tujuan pembentukan karakter disiplin di kelas VI MI Sabilul Huda menurut kepala sekolah adalah ketika sikap dan perilaku siswa sudah lebih terkontrol dari sebelumnya, serta lebih bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, dalam artian siswa sudah dapat memahami apa saja yang menjadi kewajiban dan larangan bagi dirinya. Serta guru tematik kelas VI MI Sabilul huda juga mengatakan bahwa indikatornya adalah ketika siswa sudah lebih gampang diatur dan sudah paham tentang arti kedisiplinan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:32
Last Modified: 11 Jul 2024 02:32
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6081

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item