Penggunaan Metode Al-Miftah Lil Ulum Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Terhadap Kitab Kuning di Madrasah Miftahul Ulum Buddagan Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan

Wahed, Wahed (2023) Penggunaan Metode Al-Miftah Lil Ulum Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Terhadap Kitab Kuning di Madrasah Miftahul Ulum Buddagan Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Wahed_19381011112_COVER_PAI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
Wahed_19381011112_HALAMAN PERSETUJUAN_PAI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Wahed_19381011112_HALAMAN PENGESAHAN_PAI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Wahed_19381011112_ABSTRAK_PAI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Wahed_19381011112_DAFTAR ISI_PAI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Wahed_19381011112_BAB I_PAI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Wahed_19381011112_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
Wahed_19381011112_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
Wahed_19381011112_BAB IV_PAI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Wahed_19381011112_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
Wahed_19381011112_DAFTAR RUJUKAN_PAI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Wahed_19381011112_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf

Download (184kB)

Abstract

Kata Kunci: Al-Miftah Lil Ulum, Minat Belajar, Kitab Kuning Pendidikan merupakan kunci dari perkembangan kualitas dalam peradaban umat manusia. Dengan adanya pendidikan yang berkualitas maka akan berdampak pula terhadap tingkah laku manusia itu sendiri. Dalam dunia pendidikan islam, sama halnya dengan pondok pesantren madrasah diniah juga tidak terlepas dengan kitab kuning sebagai materi pembelajarannya. Namun belajar kitab kuning tanpa didukung dengan penggunaan metode pembelajaran yang kreatif, maka akan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk memahaminya. Oleh karena itu Madrasah Miftahul Ulum Buddagan menggunakan sebuah metode baca cepat guna meningkatkan minat belajar siswa dalam membaca kitab kuning yang dikenal dengan metode Al-Miftah Lil Ulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai penggunaan metode AlMiftah Lil Ulum mulai dari tahap perencanaan, pelaksaan, evaluasi, sampai faktorfaktor yang dapat menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap kitab kuning di Madrasah Miftahul Ulum Buddagan Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Dengan fokus penelitian 1) Bagaimana penggunaan metode Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap kitab kuning di Madrasah Miftahul Ulum Buddagan Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan?, 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan metode Al-Miftah Lil Ulum di Madrasah Miftahul Ulum Buddagan Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan?. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya yaitu ketua yayasan, guru pengajar metode Al-Miftah Lil Ulum, guru pengawas, dan siswa. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, dan triangulasi. Untuk analisis data, peneliti menggunakan data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Dari hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan metode Al-Miftah Lil Ulum di Madrasah Miftahul Ulum Buddagan masih membutuhkan adanya inovasi pembaharuan baik dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sehingga nantinya dapat berjalan sesuai dengan harapan dan dapat mendorong siswa untuk lebih semangat belajar sehingga minat belajar terhadap kitab kuning bisa terus meningkat. 2) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam penggunaan metode Al-Miftah Lil Ulum yaitu lingkungan sekitar madrasah yang berupa pondok pesantren dan juga aktivitas keseharian siswa yang tidak luput dari pembelajaran kitab kuning serta dukungan dari para guru yaitu dengan dibentuknya guru pengawas harian. Adapun faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam proses pembelajaran yakni masih kurangnya ketekunan dan keseriusan dari siswa dalam mempelajari metode Al-Miftah Lil Ulum sehingga kegiatan pembelajaran kurang berjalan dengan lancar dan juga kurangnya dukungan serta pengawasan dari orang tua siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:42
Last Modified: 10 Jul 2024 04:42
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6086

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item