Ma’lufah, Laiyinatul (2023) Manajemen Kelas Siswa Berkebutuhan Khusus di SMP Islam Bustanul Ulum Bakeong Guluk-Guluk Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381042144_SAMPUL.pdf Download (266kB) |
|
Text
19381042144_PERSETUJUAN.pdf Download (96kB) |
|
Text
19381042144_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (150kB) |
|
Text
19381042144_ABSTRAK.pdf Download (255kB) |
|
Text
19381042144_DAFTAR ISI.pdf Download (266kB) |
|
Text
19381042144_BAB I.pdf Download (442kB) |
|
Text
19381042144_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) |
|
Text
19381042144_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
19381042144_BAB IV.pdf Download (913kB) |
|
Text
19381042144_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
19381042144_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (359kB) |
|
Text
19381042144_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (156kB) |
Abstract
Kata Kunci: Manajemen kelas, Siswa Berkebutuhan Khusus Memberikan pelayanan pada anak berkebutuhan khusus juga memerlukan penanganan yang khusus, berbeda dengan anak-anak di sekolah reguler. Untuk itu harus ada penyesuaian-penyesuaian yang harus dilakukan oleh guru, dimana penyesuaian tersebut dapat berupa modifikasi sarana fisik maupun penyesuaian sistem. SMP Islam Bustanul Ulum, adalah sekolah reguler yang berada di desa Bakeong Kecamatan Guluk-guluk, yang diantara programnya adalah memberikan pelayanan pada anak-anak berkebutuhan khusus dan diantara sekolah-sekolah yang memberikan layanan pendidikan inklusi yang penulis datangi hanya SMP Islam Bustanul Ulum dan bersedia untuk dijadikan lokasi penelitian. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti mengambil dua fokus yaitu: pertama Bagaimana siswa berkebutuhan khusus di SMP Islam Bustanul Ulum Bakeong guluk-guluk Sumenep dan kedua Bagaimana manajemen kelas siswa berkebutuhan khusus di SMP Islam Bustanul Ulum Bakeong guluk-guluk Sumenep. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Sumber data dikelompokkan menjadi tiga yaitu kepala sekolah, guru pembimbing khusus dan wali kelas anak berkebutuhan khusus di SMP Islam Bustanul Ulum Bakeong guluk-guluk Sumenep. Analisis data di lakukan dengan pengorganisasian data. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan tringulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama Siswa berkebutuhan khusus di SMP Islam Bustanul Ulum Bakeong Guluk-guluk Sumenep berjumlah 5 siswa, yaitu: kelas IX ada 1 siswa, kelas VIII 2 siswa dan di kelas VII 2 siswa. Penyelenggaraan pendidikan siswa berkebutuhan khusus di SMP Islam Bustanul Ulum dilakukan dengan cara siswa ditempatkan di kelas khusus, dengan modifikasi sewaktu-waktu siswa bergabung dengan anggota kelasnya di kelas reguler pada pelajaran-pelajaran tertentu, seperti pelajaran PAI, PJOK, dan B. Madura. Kedua Manajemen kelas siswa berkebutuhan khusus di SMP Islam Bustanul Ulum meliputi kegiatan perencanaan, mengorganisasi, mengaktualisasikan program yang telah direncanakan, serta melaksanakan pengawasan dan evaluasi kegiatan di kelas. Manjemen kelas siswa berkebutuhan khusus di SMP Islam Bustanul Ulum dilakukan berkenaan dengan penataan ruang kelas dan program pembelajaran. Pelaksanaan manajemen kelas siswa berkebutuhan khusus tersebut masih sangat minim
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 02:32 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 02:32 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6087 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |