Fahmi, Aftoni Ilman (2023) Implemetasi Program Ma`had Darussalam MAN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Aftoni Ilman Fahmi_19381041046_Cover_MPI.pdf Download (194kB) |
|
Text
Halaman persetujuan.pdf Download (909kB) |
|
Text
Hlmn pengesahan.pdf Download (921kB) |
|
Text
Aftoni Ilman Fahmi_19381041046_Abstrak_MPI.pdf Download (87kB) |
|
Text
Aftoni Ilman Fahmi_19381041046_Daftar Isi_MPI.pdf Download (91kB) |
|
Text
Aftoni Ilman Fahmi_19381041046_BAB I_MPI.pdf Download (335kB) |
|
Text
Aftoni Ilman Fahmi_19381041046_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
|
Text
Aftoni Ilman Fahmi_19381041046_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
Text
Aftoni Ilman Fahmi_19381041046_BAB IV_MPI.pdf Download (596kB) |
|
Text
Aftoni Ilman Fahmi_19381041046_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
Aftoni Ilman Fahmi_19381041046_Daftar Pustaka_MPI.pdf Download (160kB) |
|
Text
19381041046 _ PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (228kB) |
Abstract
Kata Kunci: Implementasi, Program, Ma`had Sebuah lembaga pendidikan harus senantiasa menciptakan suatu perubahan untuk menjawab tantangan zaman. Belakangan ini banyak sekali isu tentang terkikisnya pendidikan keagamaan di sekolah-sekolah umum. Salah satu alternatif untuk mengatasi problem tersebut adalah dengan adanya Ma`had di sekolah, khususnya di sekolah menengah atas. Ma`had sendiri adalah sebuah progam yang hampir sama dengan sistem pesantren. Ma`had tercipta untuk menyeimbangkan antara pendidikan moderen dan pendidikan tradisional. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana Proses Perencanaan Kurikulum Ma`had Darussalam di MAN 1 Pamekasan, 2) Bagaimana Pelaksanaan Kurikulum Ma`had Darussalam di MAN 1 Pamekasan, 3) Bagaimana evaluasi program Ma`had Darussalam di MAN 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperolah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informennya adalah kepala MAN 1 Pamekasan, Pembina Ma`had atau Waka Kurikulum dan beberapa guru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) proses perencanaan kurikulum Ma`had ada tiga tahap yang diakukan, pertama prumusan tujuan program ma`had, kedua, perumusan isi kurikulum atau program Ma`had, ketiga perumusan strategi pembelajan program Ma`had. 2) pelaksanaan kurikulam Ma`had Darussalam MAN 1 Pamekasan sebenarnya terintegrasi dalam berbagai program, programprogram tersebut kami bagi menjadi beberapa bagian, mulai dari kegitan harian, kegiatan mingguan, kegiatan tahunan dan kegitan insidetil. 3) evaluasi kurikulum di Ma`had Darussalam MAN 1 Pamekasan dilakukan dengan beberapa cara. Secara garis besar evaluasi kurikulum Ma`had dilakukan setiap akhir semester I dan juga dilakukan di akhir semester II. Dari hasil penelitian tersebut ada beberapa saran yang bisa dilakukan guna untuk meningkatkan kualitas Ma`had, khususnya kualitas penerapan kuriklum Ma`had, diataranya kepala madrasah dan pembina ma`had perlu melakukan upgrading strategi dengan menyesuaikan perkembangan zaman, yang kepala sekolah dan pembina Ma`had bisa menggunakan teknolgi dibeberapa program xi sebagai alat pembelajaran, sehinga bisa menarik minat dan semangat siswa Ma`had
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 02:58 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 02:58 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6094 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |