Ferdiyanto, Herman (2023) “Media Pembelajaran Berbasis Tiga Dimensi (3D) Dalam Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Kelas IV di SDN Kadur II Pamekasan”. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381051042_SAMPUL.pdf Download (196kB) |
|
Text
19381051042_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (100kB) |
|
Text
19381051042_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (65kB) |
|
Text
19381051042_Herman Ferdiyanto_ABSTRAK_PGMI.pdf Download (73kB) |
|
Text
19381051042_DAFTAR ISI.pdf Download (289kB) |
|
Text
19381051042_BAB I.pdf Download (607kB) |
|
Text
19381051042_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
|
Text
19381051042_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
|
Text
19381051042_BAB IV.pdf Download (517kB) |
|
Text
19381051042_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
|
Text
19381051042_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
|
Text
19381051042_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (68kB) |
Abstract
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Matematika, Bangun Ruang Media pembelajaran adalah sarana untuk meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar. Mengingat banyaknya macam media tersebut, maka guru harus dapat berusaha untuk memilihnya dengan cermat agar dapat digunakan dengan tepat. Dalam pengembangan media yang berbasis tiga dimensi akan menjadikan pembelajaran menjadi lebih efektif dan tidak menoton kepada siswa. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pokok pembahasan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini. Yaitu: pertama, bagaimana pelaksanaan media pembelajaran berbasis tiga dimensi (3D) dalam pembelajaran matematika bangun ruang kelas IV di SDN Kadur II. Kedua, apa saja faktor pendukung media pembelajaran berbasis tiga dimensi (3D) dalam pembelajaran matematika bangun ruang kelas IV di SDN Kadur II. Ketiga, apa saja faktor penghambat media pembelajaran berbasis tiga dimensi (3D) dalam pembelajaran matematika bangun ruang kelas IV di SDN Kadur II. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Sumber data yang yang digunakan adalah sumber data primer (wali kelas IV, siswa kelas IV, dan kepala sekolah) dan sumber data sekunder (dokumentasi yang memuat semua hal diperoleh dari lokasi penelitian).Instrumen dan prosedur pengumpulan data yang diperoleh adalah observasi (partisipan), wawancara (tersetruktur), dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah data collection, data reducion, data display,verifikasi, uji keabsahan menggunakan bahan refrensi dan mengadakan uji kreadibilitas data, triangulasi, serta konfirmasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pelaksanaan media pembelajaran berbasis tiga dimensi dalam pembelajaran matematika bangun ruang kelas IV di SDN Kadur II adalah menggunakan metode pembelajaran berbasis tiga dimensi dan metode pembelajaran demontrasi, ceramah, dan tanya jawab sehingga siswa memahami apa yang dijelaskan oleh guru saat mengajar. Kedua, faktor pendukung media pembelajaran berbasis tiga dimensi dalam pembelajaran matematika bangun ruang kelas IV di SDN Kadur II yaitu dengan adanya media pembelajaran berbasis tiga dimensi, alokasi waktu yang tepat, dan kemampuan dasar siswa yang tepat. Ketiga, faktor penghambat media pembelajaran berbasis tiga dimensi dalam pembelajaran matematika bangun ruang kelas IV di SDN Kadur II yaitu kurang bakat minatnya siswa, kurangnya sarana dan prasarana terutama media pembelajaran berbasis tiga dimensi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:42 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:42 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6095 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |