Ayuni, Qurrotul (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Menggunakan Media Pohon Penjumlahan Pada Siswa Kelas 1 SDN Blumbungan I Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381052067_SAMPUL.pdf Download (254kB) |
|
Text
19381052067_Lembar Persetujuan.pdf Download (253kB) |
|
Text
19381052067_Lembar Pengesahan.pdf Download (198kB) |
|
Text
19381052067_ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
19381052067_DAFTAR ISI.pdf Download (178kB) |
|
Text
19381052067_BAB I.pdf Download (468kB) |
|
Text
19381052067_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
|
Text
19381052067_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) |
|
Text
19381052067_BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
19381052067_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
Text
19381052067_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (385kB) |
|
Text
19381052067_Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf Download (15kB) |
Abstract
Kata Kunci : Berhitung, Media Pohon Penjumlahan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa kesulitan antara lain guru hanya dalam menyampaikan materi hanya menggunakan metode ceramah yang hanya berpusat pada penjelasan serta kurangnya penggunaan media yang dapat membantu siswa dalam melakukan latihan perhitungan sehingga rendahnya pengetahuan berhitung siswa. Sehingga perlu adanya penerapan media yang sesuai dengan materi operasi bilangan penjumlahan yaitu media pohon penjumlahan. Dalam penelitian ini ada beberapa masalah yang dibahas oleh peneliti, pertama, untuk mengetahui perencanaan penerapan media pohon penjumlahan dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada siswa kelas 1 SDN Blumbungan 1 Larangan Pamekasan. Kedua, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media pohon penjumlahan dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada siswa kelas 1 SDN Blumbungan I Larangan Pamekasan. Ketiga, untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran dengan menggunakan media pohon penjumlahan dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada siswa kelas 1 SDN Blumbungan I Laranga Pamekasan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SDN Blumbungan I Larangan Pamekasan yang berjumlah 12 orang. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II maka diketahui bahwa media pohon penjumlahan dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas 1 SDN Blumbungan I Larangan Pamekasan. Sebelum diberikan tindakan atau pra siklus , persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 25% setelah diadakannya siklus I nilai siswa naik dengan persentase 41,66%. Pada siklus I ketuntasan belajara siswa belum berhasil maka peneliti melanjutkan pada siklus II dengan persentase 83,33%. Disimpulkan bahwa penerapan media pohon penjumlahan ini dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas 1 SDN Blumbungan I Larangan Pamekasan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru kelas 1 pada pelajaran matematika hendaknya menggunakan media pohon penjumlahan dalam kegiatan berhitung penjumlahan yang ditujukan kepada peneliti lain adalah agar melaksanakan penelitian lanjutan dari peneliti ini dengan aspek yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:42 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:42 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6097 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |