Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Energi Melalui Media Poster Pada Siswa Kelas IV SDI Mabdaul Falah Kaduara Timur Pragaan Sumenep

Jannah, Inayatul (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Sumber Energi Melalui Media Poster Pada Siswa Kelas IV SDI Mabdaul Falah Kaduara Timur Pragaan Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
19381052109_SAMPUL.pdf

Download (190kB)
[img] Text
19381052109_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (39kB)
[img] Text
19381052109_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (64kB)
[img] Text
19381052109_ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
19381052109_DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
19381052109_BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text
19381052109_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text
19381052109_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
19381052109_BAB IV.pdf

Download (677kB)
[img] Text
19381052109_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
19381052109_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (421kB)
[img] Text
19381052109_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (69kB)

Abstract

Kata Kunci: Hasil Belajar, Sumber Energi, Media Poster Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa terhadap materi sumber energi. Hal tersebut disebabkan oleh adanya kendala yang dihadapi siswa dalam memahami materi ajar yang disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media poster dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi sumber energi kelas IV di SDI Mabdaul Falah Kaduara Timur Pragaan Sumenep dan (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi sumber energi melalui media poster pada siswa kelas IV di SDI Mabdaul Falah Kaduara Timur Pragaan Sumenep. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDI Mabdaul Falah Kaduara Timur Pragaan Sumenep tahun ajar 2022/2023 dengan jumlah 17 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk pembelajaran IPA kelas IV di SDI Mabdaul Falah Kaduara Timur Pragaan Sumenep adalah 70. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: pertama, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media poster pada pembelajaran IPA materi sumber energi dilakukan dalam dua siklus, pada setiap siklusnya terdapat dua kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Dalam penerapannya, guru menjelaskan materi menggunakan media poster dan mengaitkannya dengan kegiatan sehari-hari siswa dalam memberikan contoh nyata. Guru juga melibatkan siswa secara aktif untuk maju dan membaca isi dari media poster serta dalam menjawab pertanyaan yang disediakan guru. Kedua, adanya peningkatan terkait hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi sumber energi setelah diterapkannya media poster. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan yang diperoleh oleh siswa pada tahap penelitian. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata hasil belajar IPA yang diperoleh yaitu sebesar 48,82%, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh mengalami peningkatan yaitu sebesar 60,58%, kemudian meningkat lagi pada siklus II dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 83,23%. Sementara untuk persentase ketuntasan yang diperoleh oleh siswa pada tahap prasiklus baru mencapai 11,76%, sedangkan pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 29,41%, kemudian kembali mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan persentase ketuntasan sebesar 88, 23%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:42
Last Modified: 10 Jul 2024 04:42
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6099

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item