Rofiqi, Lailatul Adabiyah (2023) Efektifitas Metode Latihan Dalam Pembelajaran Seni Budaya (Prakarya/ Keterampilan) di SDN Samiran II Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381052017_SAMPUL.pdf Download (101kB) |
|
Text
20381052017_ HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (210kB) |
|
Text
20381052017_ HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (496kB) |
|
Text
20381052017_ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text
20381052017_DAFTAR ISI.pdf Download (74kB) |
|
Text
20381052017_BAB I.pdf Download (192kB) |
|
Text
20381052017_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
Text
20381052017_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
|
Text
20381052017_BAB IV.pdf Download (310kB) |
|
Text
20381052017_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
20381052017_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (158kB) |
|
Text
20381052017_ KEASLIAN TULISAN.pdf Download (262kB) |
Abstract
Kata kunci: Metode Latihan Keterampilan, Pembelajaran Seni Budaya. Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya hasil prakarya siswa SDN Samiran II yang cukup menarik yaitu membuat karya-karya dari bahan seadanya. Dengan menerapkan metode Latihan (Drill pengulangan) dimana siswa tidak hanya senantiasa duduk mendengarkan guru menjelaskan materi saja di dalam kelas. Namun siswa dituntut aktif dengan mempraktekkan setiap materi pembelajaran, karena metode yang digunakan didalam kelas oleh guru tidak hanya ceramah saja namun guru juga menggunakan metode Latihan (Drill pengulangan) sehingga siswa dapat dengan mudah memahami dan mempratekkan setiap materi pembelajaran seni budaya. Tujuan penelitian skripsi ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode Latihan (Drill pengulangan) dalam pembelajaran seni budaya di SDN Samiran II dan untuk mengetahui efektifitas metode Latihan (Drill pengulangan) dalam pembelajaran seni budaya di SDN Samiran II. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu metode penelitian jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dimana peneliti memperoleh data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam mengupulkan data peneliti tidak hanya melakukan penelitian satu kali saja akan tetapi beberapa kali ke lapangan untuk memastikan data yang diperolehnya sehingga tidak ada kekeliruan dalam Menyusun skripsi ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pelaksanaan metode Latihan keterampilan dalam pembelajaran seni budaya yaitu dilaksanakan sesuai dengan jam pelajarannya, dan dalam proses pembelajaran guru tidak hanya serta merta mengajar di dalam kelas menjelaskan teori saja namun guru juga mengasah kreatifitas siswa dengan membuat karya seni sesuai materi pelajaran, serta guru terkadang juga membawa siswa belajar diluar ruangan. Kedua, efektifitas metode Lathan (Drill pengulangan) dianggap efektif karena melihat realita yang ada siswa dapat dengan mudah memahami materi, banyaknya karya seni siswa seperti tempat pensil, vas bunga, bingkai foto, bola hias, dan lain sebagainya menggunakan bahan seadanya seperti stik eskrim dan botol aqua dan bola. Serta pula pada saat melakukan penelitian siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran seni budaya. Bahkan yang memicu semangat siswa karena setiap kenaikan kelas ada perlombaan dari sekolah seperti menghias kelas dan juga ada lomba membuat kerajinan tangan per individu siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:42 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:42 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6105 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |