Rosi, Ainur (2023) Implementasi Strategi Active Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas III di MI Darul Iman Jambringin Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ainur Rosi_19381051119_Cover_PGMI.Pdf.pdf Download (188kB) |
|
Text
Ainur Rosi_19381051119_Lembar Persetujuan Pembimbing_PGMI.Pdf.pdf Download (40kB) |
|
Text
Ainur Rosi_19381051119_Lembar pengesahan_PGMI.Pdf.pdf Download (49kB) |
|
Text
Ainur Rosi_19381051119_Abstrak_PGMI.pdf Download (35kB) |
|
Text
Ainur Rosi_19381051119_Daftar Isi_PGMI.Pdf.pdf Download (162kB) |
|
Text
Ainur Rosi_19381051119_BAB I_PGMI.Pdf.pdf Download (339kB) |
|
Text
Ainur Rosi_19381051119_BAB II_PGMI.Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
|
Text
Ainur Rosi_19381051119_BAB III_PGMI.Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
|
Text
Ainur Rosi_19381051119_BAB IV_PGMI.Pdf.pdf Download (422kB) |
|
Text
Ainur Rosi_19381051119_BAB V_PGMI.Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
|
Text
Ainur Rosi_19381051119_Daftar Pustaka_PGMI.Pdf.pdf Download (314kB) |
|
Text
Ainur Rosi_19381051119-Surat Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.Pdf.pdf Download (198kB) |
Abstract
Kata Kunci : Strategi, Active learning, Akidah Akhlak Sejauh ini, penyusunan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik cendrung terlupakan, sehingga berdampak pada menurunnya minat dan antusias belajar siswa akibat ketidaksiapan guru dalam melakukan serangkaian kegiatan pembelajaran dan menjadikan keaktifan siswa semakin menurun dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu guna menunjang kesuksesan kegiatan pembelajaran, seorang guru harus senantia menyusun strategi pembelajaran agar pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat lebih bermakna dan terarah, salah satunya adalah strategi pembelajaran Active learning. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu : pertama, Bagaimana Perencanaan Guru dalam Implementasi Strategi Active Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas III di MI Darul Iman Jambringin Proppo Pamekasan; kedua, Bentuk Implementasi Strategi Active Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas III di MI Darul Iman Jambringin Proppo Pamekasan; ketiga, Apa Saja Kendala Guru dalam Implementasi Strategi Active Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas III di MI Darul Iman Jambringin Proppo Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti Kepala Sekolah serta Guru Akidah Akhlak di MI Darul Iman. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: Pertama Perencanaan Guru dalam Implementasi Strategi Active Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas III di MI Darul Iman Jambringin sudah sangat baik, mencangkup strategi, metode dan juga media pembelajaran yang dibuktikan dengan disusunnya RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Kedua Bentuk Implementasi Strategi Active Learning diantaranya terimplikasikan kedalam beberapa metode pembelajaran aktif yang digunakan oleh guru akidah akhlak di MI Darul Iman, metode pembelajaran tersebut antara lain metode diskusi, metode tanya jawab, metode resitesi maupun metode card sort. Ketiga Kendala Guru dalam Implementasi Strategi Active Learning diantaranya adalah Keberagaman kemampuan siswa, ini membutuhkan waktu yang cukup lama serta minimnya sarana dan prasarana yang ada di MI Darul Iman
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:41 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:41 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6114 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |