“ Implementasi Metode Pembelajaran Card Sort Pada Tema 3 Materi Benda Di Sekitarku Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Kelas 3 di SDN Sumedangan III Pademawu Pamekasan”

Thufaila, Alyaak (2023) “ Implementasi Metode Pembelajaran Card Sort Pada Tema 3 Materi Benda Di Sekitarku Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Kelas 3 di SDN Sumedangan III Pademawu Pamekasan”. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Alyaak Thufaila_ 19381052038_Cover_PGMI.pdf

Download (266kB)
[img] Text
alyaak Thufaila_19381052038_Halamanpersetujuan.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Alyaak Thufaila_19381052038_Halamanpengesahan.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Alyaak Thufaila_ 19381052038_Abstrak_PGMI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Alyaak Thufaila_ 19381052038_ Daftar Isi_ PGMI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Alyaak Thufaila_ 19381052038_ BAB I_PGMI.pdf

Download (425kB)
[img] Text
Alyaak Thufaila_19381052038_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
Alyaak Thufaila_19381052038_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
Alyaak Thufaila_19381052038_BAB IV_PGMI.pdf

Download (522kB)
[img] Text
Alyaak Thufaila_19381052038_BAB V_ PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
Alyaak Thufaila_19381052038_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
Alyaak Thufaila_19381052038_Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf

Download (173kB)

Abstract

Kata kunci : Metode Pembelajaran Card Sort, Meningkatkan kemampuan belajar siswa Kemampuan siswa pada pelajaran tematik masih rendah, yang menjadi faktor adalah penggunaan metode ceramah, sehingga siswa kurang memahami pada saat pembelajaran. Hal ini menjadi alasan peneliti untuk melakukan penelitian menggunakan metode pembelajaran card sort ini. Hal ini terdapat 3 fokus penelitian, yaitu Pertama, Bagaimana perencanaan penggunaan metode card sort pada materi benda di sekitarku?. Kedua, Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran card sort pada materi benda di sekitarku kelas 3?. Ketiga, Bagaimana hasil / evaluasi kemampuan belajar siswa pada metode pembelajaran card sort pada mata materi benda di sekitarku kelas 3? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan siklus Kemmis dan Robin MC Taggart yang terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu kelas 3 di SDN Sumedangan III Pademawu Pamekasan yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 13 siswi dan 8 siswa . Hasil penelitian yang diperoleh : Pertama, Perencanaan yaitu peneliti membuat media, membuat RPP dan menyusun soal tes. Kedua, Pelaksanaan kegiatan pembuka, guru menjelaskan materi tematik yang akan dipelajari selama pembelajaran berlangsung. Kegiatan inti, menyampaikan materi tematik dengan menggunakan card sort dan memberikan tes untuk mengetahui kemampuan siswa. Kegiatan penutup, mengulang kembali materi yang telah dijelaskan dan menanyakan kepada siswa yang belum dipahami. Terakhir Jika hasil nilai tes siswa telah mencapai ketuntasan minimal 76% maka siklus dihentikan. Jika belum mencapai maka dilanjutkan siklus berikutnya. Ketiga, Hasil dari kemampuan siswa ini dapat meningkat dibuktikannya dengan adanya peningkatan nilai tes kemampuan siswa pada pembelajaran tematik yaitu pada tahap prasiklus persentase ketuntasan klasikal yaitu 33,33% lalu pada siklus I meningkat menjadi 66,66% dan pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 90,5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:41
Last Modified: 10 Jul 2024 04:41
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6118

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item