Implementasi Pembelajaran Best Practice dalam Membentuk Nilainilai Karakter Peserta Didik Kelas III SDN Blumbungan 1 Larangan Pamekasan

Normala, Dwi (2023) Implementasi Pembelajaran Best Practice dalam Membentuk Nilainilai Karakter Peserta Didik Kelas III SDN Blumbungan 1 Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Dwi Normala_ 19381052107_ Cover_PGMI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Dwi Normala_ 19381052107_ Lembar persetujuan pembimbing_PGMI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Dwi Normala_ 19381052107_ Lembar pengesahan_ PGMI.pdf

Download (421kB)
[img] Text
Dwi Normala_ 19381052107_ Abstrak_PGMI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
Dwi Normala_ 19381052107_ Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Dwi Normala_ 19381052107_ BAB I_PGMI.pdf

Download (241kB)
[img] Text
Dwi Normala_ 19381052107_ BAB II_ PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
Dwi Normala_ 19381052107_ BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
Dwi Normala_ 19381052107_ BAB IV_PGMI.pdf

Download (742kB)
[img] Text
Dwi Normala_ 19381052107_ BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
Dwi Normala_ 19381052107_ Daftar Pustaka_PGMI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Dwi Normala_ 19381052107_ Surat pernyataan keaslian Tulisan_PGMI.pdf

Download (393kB)

Abstract

Kata kunci: Pembelajaran Best Practice, Pembentukan Nilai Karakter Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesadaran peserta didik kelas III dalam bertingkah laku kurang baik dikarenakan kurang berperannya tenaga pendidik terhadap proses pembentukan karakter peserta didik kelas III. Sehingga peserta didik kelas III sering terlambat dating kesekolah, kurangnya menjaga lingkungan sekolah dengan membuang sampah sembarangan, dan tidak melaksanakan piket kelas. Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi pokok dalam penelitian, yaitu: pertama, bagaimana implementasi pembelajaran best practice dalam membentuk nilai-nilai karakter peserta didik kelas III, kedua, apa saja hasil dari pembentukan nilai-nilai karakter peserta didik kelas III melalui implementasi pembelajaran best practice, ketiga, apa saja factor pendukung dan penghambat pada implementasi pembelajaran best practice dalam membentuk nilai-nilai karakter peserta didik kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Implementasi pembelajaran best practice dalam membentuk nilai-nilai karakter peserta didik kelas III SDN Blumbungan 1 yakni menerapkan dengan pembiasaan yang dilakukan setiap hari di sekolah seperti pembacaan surah pendek, berdoa sebelum dan sesudah proses pembelajaran, datang tepat waktu ke sekolah, menjaga lingkungan dengan baik. Kedua, Hasil pembentukan nilai-nilai karakter peserta didik kelas III melalui pembelajaran best practice yaitu siswa dapat membaca surah-surah pendek dengan lafadz yang baik. Ketika pembacaan doa, siswa lebih tenang dan fokus dalam mengikuti proses pembelajaran. Siswa sudah terbiasa datang tepat waktu ke sekolah. Dan siswa sudah bisa menjaga lingkungan yang baik dengan tidak membuang sampah sembarangan dan aktif melaksanakan piket kelas. Ketiga, Faktor pendukungnya yakni memberikan respon positif dengan adanya usaha dan penerapan pembiasaan karakter yang diberikan kepada peserta didik kelas III. Sedangkan faktor penghambatnya yakni lingkungan masyarakat dan dukungan orang tua

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:41
Last Modified: 10 Jul 2024 04:41
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6127

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item