―PenerapanMetode Pair Checks pada Pelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Prenduan II Sumenep”

Jannah, Fadilatul (2023) ―PenerapanMetode Pair Checks pada Pelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Prenduan II Sumenep”. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Fadilatul Jannah_19381052096_COVER_PGMI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Fadilatul Jannah_19381052096_LEMBAR PERSETUJUAN_PGMI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Fadilatul Jannah_19381052096_LEMBAR PENGESAHAN_PGMI.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Fadilatul Jannah_19381052096_ABSTRAK_PGMI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Fadilatul Jannah_19381052096_DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Fadilatul Jannah_19381052096_BAB I_PGMI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
Fadilatul Jannah_19381052096_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
Fadilatul Jannah_19381052096_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] Text
Fadilatul Jannah_19381052096_BAB IV_PGMI.pdf

Download (742kB)
[img] Text
Fadilatul Jannah_19381052096_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
Fadilatul Jannah_19381052096_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Fadilatul Jannah_19381052096_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_PGMI.pdf

Download (149kB)

Abstract

Kata kunci: Metode Pair Checks, Hasil Belajar, Pelajaran Tematik. Dalam suatu pembelajaran, seorang guru mempunyai cara masing-masing dalam menyampaikan materi pembelajaran pada siswanya. Namun tidak semua metode yang guru gunakan dapat membuat siswa memahami pembelajaran, siswa sering mengalami kebosanan saat proses pembelajaran. Hal tersebut bisa berdampak pada hasil belajar siswa, jika siswa hanya dituntut untuk mendengarkan penjelasan guru tanpa adanya dorongan atau motivasi maka hasil belajar siswa tidak akan meningkat karena pembelajaran tersebut hanya berpusat pada guru. Oleh karena itu peneliti ingin menerapkan metode Pair Cheks untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana perencanaan penerapan metode Pair Checks pada pelajaran Tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Prenduan II Sumenep, dan kedua apakah hasil dari penerapan metode Pair Checks pada pelajaran Tematik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN prenduan II Sumenep. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Informannya adalah guru kelas IV SDN Prenduan II. Analisis data dihitung dengan pedoman penskoran sederhana. Hasil persentase ditentukan oleh Penilaian hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan metode Pair Checks di kelas diawali dengan penyampaian materi Tematik Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 pada siswa, dan dilanjutkan dengan pemberian latihan soal dengan metode Pair Checks, yaitu pembelajaran dengan cara berkelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 4 orang, lalu dalam satu kelompok tersebut dibagi lagi menjadi dua (patner A dan B). Kedua, hasil penerapan metode Pair Checks terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaranTematik Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 secara bertahap pada setiap siklusnya. Untuk hasil persentase pada kegiatan pra siklus yaitu 40%, untuk siklus pertama meningkat menjadi 70%, lalu terjadi peningkatan lagi pada siklus kedua menjadi 90%. Dari hasil persentase tersebut bisa dilihat bahwa hasil belajar siswa selalu mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, dan persentase penilaian hasil belajar berhasil mencapai standar minimal pencapaian 76% pada siklus kedua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:41
Last Modified: 10 Jul 2024 04:41
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6129

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item