Sa’diyah, Helmiatus (2023) Upaya Pembentukan Karakter Peduli Sosial dan Empati Siswa kelas V dan VI di MI Salafiyah Syafi’iyah Tattangoh Proppo Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
HELMIATUS SA'DIYAH_19381052084_COVER_PGMI.pdf Download (102kB) |
|
Text
HELMIATUS SA'DIYAH_19381052084_LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING_PGMI.pdf Download (205kB) |
|
Text
HELMIATUS SA'DIYAH_19381052084_HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf Download (242kB) |
|
Text
HELMIATUS SA'DIYAH_19381052084_ABSTRAK_PGMI.pdf Download (332kB) |
|
Text
HELMIATUS SA'DIYAH_19381052084_DAFTAR ISI_PGMI.pdf Download (167kB) |
|
Text
HELMIATUS SA'DIYAH_19381052084_BAB I_MPI.pdf Download (521kB) |
|
Text
HELMIATUS SA'DIYAH_19381052084_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
|
Text
HELMIATUS SA'DIYAH_19381052084_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
|
Text
HELMIATUS SA'DIYAH_19381052084_BAB IV_PGMI.pdf Download (641kB) |
|
Text
HELMIATUS SA'DIYAH_19381052084_BAB V_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
|
Text
HELMIATUS SA'DIYAH_19381052084_DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf Download (374kB) |
|
Text
HELMIATUS SA'DIYAH_19381052084_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN_PGMI.pdf Download (347kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pembentukan karakter, Peduli Sosial, empati Pada saat ini masalah pendidikan khusunya di Lembaga cenderung lebih berfokus pada aspek kognitif atau akademiknya saja dari pada pembentukan karakter. Salah satu karakter yang mulai memudar pada masa sekarang adalah karakter peduli social dan empati. Permasalahan tersebut menyebabkan terjadinya penyimpangan moral dan norma yang berlaku di sekolah seperti tindakan tidak peduli pada sesama, perkelahian, bullying, dan sebagainya. Maka berdasarkan permasalahan tersebut pembentukan karakter peduli sosial dan empati penting untuk dilakukan. Dalam pembentukan karakter perlu dukungan semua pihak sekolah baik kepala sekolah, guru, tata usaha maupun pihak terkait seperti orang tua dan masyarakat sekitar. Perlu kesabaran, pembiasaan dan komitmen bersama untuk membangun karakter tersebut. Sebagaiman yang telah dilakukan oleh lembaga MI Salafiyah syafi’iyah. Berdasarkan hal tersebut ada dua fokus permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini: pertama, Bagaimana upaya pembentukan karakter peduli sosial dam empati siswa kelas V dan VI di MI Salafiyah Syafi’iyah Tattangoh Proppo Pamekasan. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pembentukan karakter peduli sosial dan empati siswa kelas Vdan VI di MI Salafiyah Syafi’iyah Tattangoh Proppo Pamekasan. Hal ini sengaja dibagi demikian untuk mempermudah pembahasan dari berbagai macam persoalan yang ada di sekolah.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua. Sedangkan tehnik pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensial. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa dalam upaya pembentukan karakter peduli sosial dan empati yaitu melalui kegiatan pengembangan diri seperti kegiatan rutin, kegiatan spontan, dan keteladanan. Faktor pendukung pembentukan karakter peduli sosial dan empati yaitu dukungan dari orang tua, guru-guru dan kemauan Siswa itu sendiri. Sedangkan faktor kendala yaitu faktor internal yang berasal dari diri siswa seperti sifat egoisme, malu-malu, pendiam, kurang percaya diri, dan jarang bersosialisasi kemudian faktor eksternal berasal dari didikan keluarga dan orang tua yang bercerai, dan berkembangnya teknologi yang semakin canggih serta kurangnya perhatian dari guru. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari pengumpulan data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan para responden serta dokumentasi di lokasi penelitian. Untuk itu sangat perlu bagi pihak-pihak terkait dalam mengatasi masalah tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 02:02 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 02:02 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6142 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |