Hasanah, Nailatul (2024) Pengembangan Program Madrasah dalam Mewujudkan Budaya Religius (Studi Kasus di MA An-Najah 1 Karduluk Pragaan Sumenep dan SMA Raudlatul Ulum Kapedi Bluto Sumenep). Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
22380042003_SAMPUL.pdf Download (24kB) |
|
Text
22380042003_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (123kB) |
|
Text
22380042003_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (161kB) |
|
Text
22380042003_KATA PENGANTAR.pdf Download (125kB) |
|
Text
22380042003_ABSTRAK.pdf Download (252kB) |
|
Text
22380042003_DAFTAR ISI.pdf Download (31kB) |
|
Text
22380042003_BAB I.pdf Download (179kB) |
|
Text
22380042003_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
|
Text
22380042003_BAB III.pdf Download (193kB) |
|
Text
22380042003_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
22380042003_BAB V.pdf Download (405kB) |
|
Text
22380042003_BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
22380042003_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (282kB) |
|
Text
22380042003_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (104kB) |
|
Text
22380042003_LAMPIRAN.pdf Download (473kB) |
|
Text
22380042003_RIWAYAT HIDUP.pdf Download (17kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pengembangan Program Madrasah, Budaya Religius. Keberadaan kepala sekolah dalam sebuah lembaga pendidikan memiliki kedudukan yang sangat penting dalam mengembangkan dan memimpin lembaga pendidikan menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas. Karena kepala sekolah adalah salah satu kunci suksesnya sebuah lembaga pendidikan yang mana orangorang di dalamnya memiliki nilai-nilai keagamaan dalam kegiatan yang diprogramkan oleh sekolah. Untuk menjadikan lembaga pendidikan yang di dalamnya terdapat nilai-nilai keagamaan maka diperlukan yang namanya pengembangan program madrasah dalam mewujudkan budaya religius yang mana ini akan dikelola oleh kepala sekolah dan akan didukung oleh sarana prasarana yang ada di sekolah. Oleh karena itu, dibutuhkan yang namanya pengembangan program madrasah dalam mewujudkan budaya religius di sekolah agar menjadi sekolah yang unggul dalam aspek religius dan agamis. Adapun tujuan penelitian ini yang Pertama, mendeskripsikan pengembangan Program Madrasah dalam mewujudkan budaya religius di MA An-Najah 1 Karduluk Pragaan Sumenep dan SMA Raudlatul Ulum Kapedi Bluto Sumenep. Kedua, mendeskripsikan budaya religius di MA An-Najah 1 Karduluk Pragaan Sumenep dan di SMA Raudlatul Ulum Kapedi Bluto Sumenep. Ketiga, mendeskripsikan dampak pengembangan Program Madrasah dalam mewujudkan budaya religius di MA An-Najah 1 Karduluk Pragaan Sumenep dan SMA Raudlatul Ulum Kapedi Bluto Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti meliputi: 1) observasi 2) wawancara dan 3) dokumentasi. Data yang diperoleh dari ketiga metode pengumpulan data tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian, hal ini dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan metode. Triangulasi sumber data dilakukan dengan cara membandingkan dan mengecek balik tingkat kepercayaan data yang sama dengan menggunakan sumber dan informasi yang berbeda. Triangulasi metode dilakukan dengan cara mengecek suatu sumber yang diperoleh dengan tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa: Pertama: Pengembangan program madrasah dalam mewujudkan budaya religius di MA An-Najah 1 Karduluk Pragaan Sumenep dan SMA Raudlatul Ulum Kapedi Bluto Sumenep adalah melalui program 1) Perencanaan, 2) Memberikan teladan yang baik 3) Kemitraan dan ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan, 4) melakukan pembiasaan, 5) Internalisasi nilai 6) Evaluasi. Kedua: Wujud budaya religius di MA An-Najah 1 Karduluk Pragaan Sumenep dan SMA Raudlatul Ulum Kapedi Bluto Sumenep ialah sama-sama mengembangkan budaya religius. Akan tetapi di MA An-Najah 1 Karduluk Pragaan Sumenep lebih mengedepankan sisi keagamaannya dalam pengamalan ibadah sehari-hari untuk mendukung aspek akademiknya, seperti: a) Membaca shalawat Nariyah sebelum pelajaran dimulai, b) Shalat dhuhur berjamaah, c) Peringatan hari-hari besar Islam, d) shalat dhuha berjamaah, e) Pembacaan Dzikir Jama’i. Sedangkan budaya religius yang ada di SMA Raudlatul Ulum Kapedi Bluto Sumenep lebih menekankan pada aspek akademiknya yang dipadu dengan ibadah dan doa’ seperti: a) Sebelum memulai pelajaran siswa membaca do’a dan membaca surat tertentu, b) Pembacaan Rotibul haddad. Ketiga: Dampak Pengembangan program madrasah dalam mewujudkan budaya religius di MA An-Najah 1 Karduluk Pragaan Sumenep dan SMA Raudlatul Ulum Kapedi Bluto Sumenep adalah berdampak kepada siswa yang mencakup bagaimana perilaku dalam kebiasaannya dalam beribadah seperti shalat dhuhur berjamaah di sekolah maupun berdampak terhadap akademik seperti semangat belajar untuk memperdalam agama dan mengerjakan tugas sekolah dengan penuh tanggung jawab. Kegiatan keagamaan yang ada di sekolah juga berpengaruh terhadap guru yakni guru bisa ikut serta dalam kegiatan sekaligus memberikan contoh yang baik terhadap siswa. Hal ini juga berdampak kepada madrasah itu sendiri yakni membentuk citra madrasah yang baik sehingga masyarakat berminat menyekolahkan putra-putri mereka.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pascasarjana |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 06:36 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 06:36 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6148 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |