Zamharil, Jumianto Haris (2022) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas III di MIN 1 Pamekasan Pelajaran 2021. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Jumianto Haris Zamharil_20160701050042_Sampul_PGMI.pdf Download (56kB) |
|
Text
Jumianto Haris Zamharil_20160701050042_Lembar Persetujuan_PGMI.pdf.pdf Download (37kB) |
|
Text
Jumianto Haris Zamharil_20160701050042_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf.pdf Download (61kB) |
|
Text
Jumianto Haris Zamharil_20160701050042_Abstrak_PGMI.pdf.pdf Download (33kB) |
|
Text
Jumianto Haris Zamharil_20160701050042_Daftar Isi_PGMI.pdf Download (38kB) |
|
Text
Jumianto Haris Zamharil_20160701050042_Bab 1_PGMI.pdf Download (206kB) |
|
Text
Jumianto Haris Zamharil_20160701050042_Bab 2_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
|
Text
Jumianto Haris Zamharil_20160701050042_Bab 3_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
|
Text
Jumianto Haris Zamharil_20160701050042_Bab 4_PGMI.pdf.pdf Download (264kB) |
|
Text
Jumianto Haris Zamharil_20160701050042_Bab 5_PGMI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
Text
Jumianto Haris Zamharil_20160701050042_Daftar Pustaka_PGMI.pdf.pdf Download (101kB) |
|
Text
Jumianto Haris Zamharil_20160701050042_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf.pdf Download (63kB) |
Abstract
Kata Kunci: Upaya Guru, Aktivitas Belajar, Pembelajaran Matematika, Tugas seorang guru dalam praktik dunia pendidikan bukan hanya memmberikan motivasi semata kepada peserta didiknya akan tetapi juga harus menjadi guru penggerak yang paham dan mengerti secara fisik dan psikis siswanya. Apalagi saat menyampaikan materi pembelajaran di dalam kelas, guru hendaknya mengetahui situasi dan kondisi peserta didiknya saat menyampaikan materi, apakah siswa memperhatikan dengan baik materi yang disampaikan atau tidak memperhatikan. Dengan berdasarkan pada penjelasan tersebut, maka terdapat tiga permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, yaitu : pertama Bagaimana upaya guru dalam merencanakan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas III di MIN 1 Pamekasan, kedua bagaimana upaya guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas III di MIN 1 Pamekasan, ketiga apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas III di MIN 1 Pamekasan. Adapun penelitian ini menggunakan penelitian observasi partisipatif aktif dengan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh menggunakan metode wawancara (interview), metode observasi, dan metode dokumentasi. Nara sumber (responden/informan) diperoleh dari keterangan Kepala Sekolah, Guru Kelas dan Siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti menunjukkan : Pertama, dengan cara menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dengan adanya RPP guru akan menjadi lebih siap dalam menyampaikan menentukan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang cocok bagi siswanya. Setelah guru menyusun RPP dalam proses pelaksanaan pembelajaran memiliki beberapa tahapan pembelajaran yang terdiri dari tahapan awal, tahapan inti, dan tahapan akhir. Sedangkan untuk faktor pendukung yaitu dengan adanya penyusunan RPP yang baik dan tepat. Dimana dalam RPP tersebut terdapat berbagai metode dan pemanfaatan media dalam pembelajaran. Kemudian faktor penghambatnya berupa macam-macam hal yang ditemui di dalam kelas, contohnya pada jam terakhir biasanya ada siswa yang menguap dan tidak menunjukkan sikap tidak semangat dalam menerima pembelajaran. Untuk mengatasinya, Guru mengajak siswa untuk melakukan olah raga kecil di dalam kelas misalkan melakukan peregangan otototot tubuh, lompat-lompat kecil maupun lari-lari di tempat
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 02:02 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 02:02 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6152 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |