Zahrah, Khafifatus (2023) Upaya Pengenalan Tokoh Pahlawan Nasional Menggunakan Buku Bergambar untuk Meningkatkan Pemahaman Sejarah Siswa Kelas 4 MI Al-Falah 2 Bangkes Kadur Pamekasan,. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381052071-SAMPUL.pdf Download (139kB) |
|
Text
19381052072-Halaman Persetujuan.pdf Download (231kB) |
|
Text
19381052072-Halaman Pengesahan.pdf Download (292kB) |
|
Text
19381052072-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text
19381052072-DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) |
|
Text
19381052072-BAB I.pdf Download (179kB) |
|
Text
19381052072-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
|
Text
19381052072-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
Text
19381052072-BAB IV.pdf Download (219kB) |
|
Text
19381052072-BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
19381052072-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
|
Text
19381052072-Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf Download (200kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pendidikan, Pembelajaran, Sejarah, Pahlawan, Buku Bergambar. Manusia sebagai makhluk sosial yang akan hidup berdampingan dengan masyarakat sangat penting untuk diperkenalkan dengan kajian sejarah untuk menanamkan nilai afektif seperti sikap menghargai, cinta tanah air, cinta budaya, dan sikap lain yang akan muncul dalam pembelajaran sejarah khususnya sejarah pahlawan nasional. Pasalnya guru dalam pembelajaran sejarah masih menuntut siswa untuk menghafal bukan memahami, sehingga diperlukan media pembelajaran buku bergambar untuk membuat siswa tertarik terhadap pembelajaran sejarah yang dianggap monoton dan membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya penerapan media buku bergambar untuk meningkatkan pemahaman sejarah siswa kelas 4 MI Al-Falah 2 Bangkes Kadur Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pendekatan kualitatif dengan dilakukan 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 MI Al-Falah 2 Bangkes kadur pamekasan tahun ajaran 2022-2023 dengan jumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. KKM untuk pembelajaran sejarah tema 5 kelas 4 MI Al-Falah 2 Bangkes Kadur Pamekasan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan dalam pemahaman sejarah siswa setelah dilakukan upaya pengenalan tokoh pahlawan nasional menggunakan media buku bergambar, hal ini dapat dilihat dari perolehan persentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pra-siklus adalah 0% dan mengalami peningkatan pada siklus 1 yaitu 35,29%, lalu pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 88,23%. Upaya pengenalan tokoh pahlawan menggunakan buku bergambar untuk meningkatkan pemahaman sejarah siswa kelas 4 MI Al-Falah 2 Bangkes kadur pamekasan dilakukan dengan 4 Tahapan, yaitu Perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 02:02 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 02:02 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6153 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |