Mutmainnah, Mutmainnah (2023) Penerapan Kegiatan Pramuka Dalam Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Introvert di MI Nurus Salafiyah Camplong Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
MUTMAINNAH_19381052048_COVER.pdf Download (52kB) |
|
Text
MUTMAINNAH_19381052048_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (283kB) |
|
Text
Mutmainnah _9381052048_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (607kB) |
|
Text
MUTMAINNAH_19381052048_ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
MUTMAINNAH_19381052048_DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) |
|
Text
MUTMAINNAH_19381052048_BAB I.pdf Download (456kB) |
|
Text
MUTMAINNAH_19381052048_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
|
Text
MUTMAINAH_19381052048_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
|
Text
MUTMAINNAH_19381052048_BAB IV.pdf Download (372kB) |
|
Text
MUTMAINNAH_19381052048_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
MUTMAINNAH_19381052048_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (13kB) |
|
Text
MUTMAINNAH_19381052048_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (50kB) |
Abstract
Kata Kunci : Pramuka, Percaya Diri, Introvert Percaya diri merupakan aspek kepribadian yang berupa keyakinan tehadap kemampuan seseorang sehingga tidak berpengaruh dengan orang lain. Penyebab kurangnya rasa percaya diri siswa yaitu kurangnya bersosialisasi, rasa minder, dan lain sebagainya. Hal ini terjadi pada siswa introvert, siswa introvert tidak banyak berbicara, lebih sering diam, tertutup dan menyendiri. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, maka fokus penelitian ini yaitu pertama Bagaimana penerapan kegiatan pramuka dalam menumbuhkan rasa percaya diri siswa introvert di MI Nurus Salafiyah Camplong Sampang?. Kedua yaitu Apa saja faktor penghambat dan pendukung pada penetapan kegiatan pramuka dalam menumbuhkan rasa percaya diri siswa introvert di MI Nurus Salafiyah Camplong Sampang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dimana sumber data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi dari beberapa informan seperti guru/pembina pramuka dan siswa, sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dan kekuatan pengamatan melalui tringulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, memberikan pembentukan percaya diri yang baik pada siswa introvert pada kegiatan pramuka, memberikan arahan, dukungan serta motivasi kepada siswa introvert melalui kegiatan pramuka, selalu mendampingi siswa introvert untuk selalu percaya diri. Kedua, faktor pendukung pada penerapan kegiatan pramuka dalam menumbuhkan rasa percaya diri siswa introvert di MI Nurus Salafiyah, motivasi serta dukungan kepada siswa introvert, kondisi fisik dan mental siswa introvert yang baik. Adapun faktor penghambatnya kurangnya dukungan dari keluarga, dan sulitnya siswa introvert untuk beradaptasi dengan teman atau gurunya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 02:01 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 02:01 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6169 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |