Pengaruh Metode Pembelajaraan Kooperatif Tipe Teams Games Turnament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas V MI. Al-Falah III. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah

Halalatul, Fajariyah (2020) Pengaruh Metode Pembelajaraan Kooperatif Tipe Teams Games Turnament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas V MI. Al-Falah III. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Halalatul Fajariyah_20160701050026_Cover_PGMI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
c) Halalatul Fajariyah_20160701050026_LembPersetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
d) Halalatul Fajariyah_20160701050026_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
e) Halalatul Fajariyah_20160701050026_Abstrak_PGMI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
f) Halalatul Fajariyah_20160701050026_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
g) Halalatul Fajariyah_20160701050026_BAB I_PGMI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
h) Halalatul Fajariyah_20160701050026_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
i) Halalatul Fajariyah_20160701050026_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
j) Halalatul Fajariyah_20160701050026_BAB IV_PGMI.pdf

Download (248kB)
[img] Text
k) Halalatul Fajariyah_20160701050026_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
l) Halalatul Fajariyah_20160701050026_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
b) Halalatul Fajariyah_20160701050026_Pernyataan_Keaslian_Karya_PGMI.pdf

Download (176kB)

Abstract

Kata Kunci: TGT, Hasil Belajar Siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru harus menempuh beberapa cara yaitu melakukan inovasi dalam proses belajar mengajar, baik dari segi media, metode atau strategi pembelajaran. Pemberian media, metode atau strategi yang tepat pada siswa sangatlah berpengaruh guna untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini, peneliti ingin mengetahui pengaruh metode pembelajaraan kooperatif tipe Teams Games Turnament (TGT) terhadap hasil belajar piswa Pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas V MI. Al-Falah III, tujuan lainnya peneliti ingin mengetahui seberapa besarkah pengaruh metode Pembelajaraan kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan pada materi penjumlahan dan pengurangan di kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan instrumen (tes) yang telah diisi oleh 23 siswa kelas V MI.Al-Falah III. Analisis data yang digunakan untuk mencari pengaruh variabel independen dan dependen adalah analisis data komparatif uji t. Dari hasil analisis data menggunakan uji t, diperoleh t hitung = -6,559, atau t hitung = 6,559. Kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan t tabel. Untuk df = N-1 = 23-1 = 22. Dilihat dari nilai t tabel untuk df 22 adalah 2,07. Sehingga t hitung = 6,559lebih besar dari t tabel= 2,07. Karena t hitung > t tabel atau 6,559 > 2,07, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe TGT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Sedangkan besar pengaruh yang dihitung dari persentase yaitu sebesar 28%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:29
Last Modified: 18 Jul 2024 01:46
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/619

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item