Nuranti, RA. Vivi (2023) Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Islam Mambaul Ulum Batu Ampar Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
RA Vivi Nuranti_19381041143_SAMPUL_MPI.pdf Download (253kB) |
|
Text
RA Vivi Nuranti_19381041143_HALAMAN PERSETUJUAN_MPI.pdf Download (121kB) |
|
Text
RA Vivi Nuranti_19381041143_HALAMAN PENGESAHAN_MPI.pdf Download (193kB) |
|
Text
RA Vivi Nuranti_19381041143_ABSTRAK_MPI.pdf Download (33kB) |
|
Text
RA Vivi Nuranti_19381041143_DAFTAR ISI_MPI.pdf Download (190kB) |
|
Text
RA Vivi Nuranti_19381041143_BAB I_MPI.pdf Download (359kB) |
|
Text
RA Vivi Nuranti_19381041143_BAB II_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
|
Text
RA Vivi Nuranti_19381041143_BAB III_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
Text
RA Vivi Nuranti_19381041143_BAB IV_MPI.pdf Download (647kB) |
|
Text
RA Vivi Nuranti_19381041143_BAB V_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
Text
RA Vivi Nuranti_19381041143_DAFTAR RUJUKAN_MPI.pdf Download (400kB) |
|
Text
RA Vivi Nuranti_19381041143_KEASLIAN TULISAN_MPI.pdf Download (122kB) |
Abstract
Kata Kunci : Strategi, Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru. Penelitian ini fokus terhadap tiga permasalahan, yaitu: pertama bagaimana strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SMP Islam Mambaul Ulum Batu Ampar Sumenep, kedua apa kendala yang dihadapi Kepala Sekolah SMP Islam Mambaul Ulum Batu Ampar Sumenep dalam penerapan strategi untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan beberapa guru SMP Islam Mambaul Ulum Batu Ampar Sumenep. Data tersebut diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data kemudian menganalisis data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, ada beberapa strategi yang disusun oleh kepala sekolah SMP Islam Mambaul Ulum Batu Ampar Sumenep sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru diantaranya: strategi berupa pemenuhan penunjang bahan ajar seperti subsidi buku dari pemerintah, penunjangan fasilitas pengelolaan kelas dari segi IT, peraturan yang mengharuskan guru untuk belajar IT, strategi berupa pemenuhan fasilitas yang mendukung guru untuk berinovasi dalam menggunakan media pembelajaran, seperti dengan adanya proyektor, komputer, hingga Wifi, strategi berupa pemenuhan fasilitas yang mendukung guru untuk dapat merealisasikan interaksi pembelajaran yang diharapkan, strategi berupa peraturan yang mewajibkan guru berinovasi untuk melakukan penilaian dan evaluasi dengan menggunakan Google Formulir pada saat ulangan harian, PTS, hingga PAS, dan strategi berupa mengadakan rapat internal bersama guru, strategi berupa panduan administrasi pada saat rapat, strategi-strategi tersebut dapat diklasifikasikan kedalam jenis strategi hirarkis, transformasional dan fasilitatif. Kedua, Kepala Sekolah SMP Islam Mambaul Ulum Batu Ampar Sumenep mengalami hambatan dalam menerapkan strateginya berupa kurangnya kekompakan dari dewan guru dan fasilitas yang masih sederhana atau belum maksimal untuk menerapkan strategistrategi yang telah disusun sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:01 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:01 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6209 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |