rohmatika, Selfiatur (2023) Problem Guru Pada Matapelajaran Matematika Kelas III MI Tarbiyatus Shibyan Bakeong Guluk-Guluk Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381052007_SAMPUL SKRIPSI.pdf Download (97kB) |
|
Text
19381052007_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (217kB) |
|
Text
19381052007_HALAMAN PENGESEHAN.pdf Download (301kB) |
|
Text
19381052007_ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
19381052007_DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) |
|
Text
19381052007_BAB1 PENDAHULUAN.pdf Download (209kB) |
|
Text
19381052007_BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
Text
19381052007_BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
|
Text
19381052007_BAB IV PAPARAN DARA, TEMUAN PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Download (255kB) |
|
Text
19381052007_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
19381052007_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (179kB) |
|
Text
19381052007_SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (208kB) |
Abstract
Kata Kunci:Problem, Guru, Matematika, Angka Problem guru matapelajaran matematika adalah menerjemah soal cerita kedalam bentuk bilangan, hal inilah yang membuat siswa merasa belajar matematika lebih sulit dari pada matapelajaran lainnya. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tersebut, peneliti ingin mengetahui penyebab dari kesulitan tersebut. Permasalahan-permasalahannya yaitu pertama apa saja permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh guru kelas III, kedua metode apa yang diterapkan oleh guru pada matapelajaran kelas III, ketiga bagaimana solusi dari guru untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru, keempat apa saja faktor-faktor yang menjadi penyebab adanya permasalahan pada mata pelajaran matematika kelas III MI Tarbiyatus Shibyan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan sumber data utama dari guru matematika kelas III, peserta didik Kelas III, dan juga kepala sekolah MI Tarbiyatus Shibyan, dengan teknik penelitian yang dilakukan yaitu dengan cara wawancara, juga dengan sumber data tambahan melalui observasi, dokumentasi dan juga angket, dan pengecekan keabsahan data dari penelitian ini dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu permasalahan yang sering dihadapi oleh guru matematika kelas III yaitu peserta didik sering mengalami kesulitan pada materi pembagiam, peserta didik juga banyak mengalami kesulitan pada materi perkalian, dan peserta didik berkesulitan dalam menerjemah soal cerita terhadap angka, dengan metode yang diterapkan guru matematika yaitu menggunakan metode ceramah, permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh guru tersebut diselesaikan dengan guru hanya memberikan penjelasan ulang terhadap materi yang tidak dipahami oleh peserta didik, tanpa guru mencoba menerapkan cara lain untuk mengtasi hal tersebut, semua itu dilakukan karena sarana yang tidak memadai sehingga guru kelas III memilih jalan tersebut untuk menangani kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik, permasalahan yang terjadi pada mata pelajaran matematika kelas III MI Tarbiyatus Shibyan terdapat 2 faktor yang pertama Faktor internal yang diantarnya: kurangnya minat peserta didik dan rendahnya kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. kedua faktor internal diantaranya yaitu: kurangnya peran orang tua terhadap anak, sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan kurangnya metode yang diterapkan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:10 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:10 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6218 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |