Septia Ningsih, Siska Arifah (2023) Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Hafalan Rukun Islam Siswa Kelas 1 Di SDN Barurambat Timur 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Siska Arifah Septia Ningsih_20381052080_Cover_PGMI - Copy.pdf Download (184kB) |
|
Text
Siska Arifah Septia Ningsih_20381052080_Lembar_Persetujuan_PGMI.pdf Download (111kB) |
|
Text
Siska Arifah Septia Ningsih_20381052080_Lembar_Pengesahan_PGMI.pdf Download (174kB) |
|
Text
Siska Arifah Septia Ningsih_20381052080_Abstrak_PGMI.pdf Download (11kB) |
|
Text
Siska Arifah Septia Ningsih_20381052080_Daftar_Isi_PGMI.pdf Download (158kB) |
|
Text
Siska Arifah Septia Ningsih_20381052080_BAB I_PGMI.pdf Download (633kB) |
|
Text
Siska Arifah Septia Ningsih_20381052080_BAB II_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
|
Text
Siska Arifah Septia Ningsih_20381052080_BAB III_PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
|
Text
Siska Arifah Septia Ningsih_20381052080_BAB IV_PGMI.pdf Download (897kB) |
|
Text
Siska Arifah Septia Ningsih_20381052080_BAB V_PGMI (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
Text
Siska Arifah Septia Ningsih_20381052080_Daftar_Pustaka_PGMI.pdf Download (277kB) |
|
Text
Siska Arifah Septia Ningsih_20381052080_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi.pdf Download (139kB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Meningkatkan Hafalan Rukun Islam, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Rendahnya hafalan rukun Islam peserta didik karena metode pembelajarannya yang masih bersifat stagnan dengan metode konfensional yang mendominasi sehingga menyebabkan suasana pembelajaran yang membosankan hal ini terjadi karena metode yang diberikan pada saat pemberian materi kurang menekankan pada hafalannya. Tujuan penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan hafalan rukun Islam siswa kelas 1 di SDN Barurambat Timur 1 Pamekasan. 2. Mendeskripsikan hasil penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan hafalan rukun Islam siswa kelas 1 di SDN Barurambat Timur 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yakni: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 SDN Barurambat Timur 1 Pamekasan yang berjumlah 14 peserta didik yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. SKM dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas 1 d SDN Barurambat Timur 1 Pamekasan adalah lebih dari 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menghafal rukun Islam peserta didik melalui metode bernyanyi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai hasil belajar yang menunjukkan dari total 14 peserta didik yang mengikuti tes siklus I dengan nilai rata-rata 73,57%, dengan 8 orang peserta didik yang belum lulus SKM. Sedangkan siklus II nilai rata-rata mencapai nilai 82,5% yang berarti adanya peningkatan menghafal rukun Islam sebesar 8,93.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:10 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:10 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6221 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |