Humaidi, Syahrul (2023) Strategi Sekolah Dalam Membentuk Jiwa Kepemimpinan Siswa Melalui Program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di SMA Ma’arif 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381041157_SAMPUL.pdf Download (361kB) |
|
Text
19381041157_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (84kB) |
|
Text
19381041157_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (98kB) |
|
Text
19381041157_ABSTRAK.pdf Download (125kB) |
|
Text
19381041157_DAFTAR ISI.pdf Download (174kB) |
|
Text
19381041157_BAB I.pdf Download (423kB) |
|
Text
19381041157_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
|
Text
19381041157_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
|
Text
19381041157_BAB IV.pdf Download (590kB) |
|
Text
19381041157_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
|
Text
19381041157_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
|
Text
19381041157_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (79kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Sekolah, kepemimpinan, LDKS Peserta didik harus terbentuk menjadi individu yang berjiwa kepemimpinan. Bukanhanya agar bisa memimpin dirinya sendiri melainkan juga organisasi, atau memimpin orang lain disekitarnya. Karena sejatinya manusia diciptakan sebagai khalifah (pemimpin) di bumi. Dengan fitrah pemimpin ini maka diharapkan manusia bisa menjadi pemimpin yang baik dan bertanggungjawab, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Tidak sedikit kita menjumpai manusia yang tidak bisa bertanggungjawab atas dirinya sendiri, atau sosok pemimpin yang tidak disukai oleh bawahannya karena sifatnya yang otoriter dan lain-lain. Hal ini bisa terjadi dikarenakan salah satunya adalah kurangnya wawasan atau pengetahuannya dalam kepemimpinan. Oleh karenanya dalam dunia pendidikan penting bagi sekolah untuk memberikan asupan pengetahuan tentang kepemimpinan, seperti program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang diterapkan di SMA Ma`arif 1 Pamekasan. Sebagaimana hal di atas peneliti tertarik untuk meneliti program tersebut. Ada tigapermasalahan yang akan menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama bagaimana penerapan program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa di SMA Ma`arif 1 Pamekasan, Kedua apa saja indikator keberhasilan program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa di SMA Ma`arif 1 Pamekasan, Ketiga apa saja faktor yang mempengaruhi program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa di SMA Ma`arif 1 Pamekasan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk sumber datanya diperoleh dari kepala sekolah, waka kesiswaan, ketua panitia LDKS, Pembina OSIS dan Ketua OSIS SMA Ma`arif 1 Pamekasan. Dan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: Pertama penerapan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa di SMA Ma'arif 1 Pamekasan dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, Kedua indikator keberhasilan LDKS di SMA Ma'arif 1 Pamekasan adalah dapat dilihat pasca acara berakhir. Terutama pada perubahan siswa. Apabila sifat, karakter dan pola perilaku siswa sudah sesuai dengan tujuan LDKS, maka berarti LDKS tersebut dikatakan berhasil. Ketiga ada tiga faktor yang mempengaruhi keberhasilan program Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa di SMA ma’arif 1 pamekasan yaitu, kerja sama yang baik, proses manajemen yang tepat dan teratur, serta SDM yang memadai
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 03:01 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 03:01 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6224 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |