Penerapan Media Pop-up Book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Tata Surya Kelas VI SDN Blumbungan I Pamekasan

Putri, Ayu Indriani (2023) Penerapan Media Pop-up Book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Tata Surya Kelas VI SDN Blumbungan I Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ayu Indriani Putri_19381052111_COVER_PGMI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Ayu Indriani Putri_19381052111_HALAMAN PERSETUJUAN_PGMI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
Ayu Indriani Putri _19381052111_HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Ayu Indriani Putri_19381052111_ABSTRAK_PGMI.docx.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Ayu Indriani Putri_19381052111_DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Ayu Indriani Putri_19381052111_BAB I_PGMI.pdf

Download (477kB)
[img] Text
Ayu Indriani Putri_19381052111_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
Ayu Indriani Putri_19381052111_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text
Ayu Indriani Putri_19381052111_BAB IV_PGMI.pdf

Download (869kB)
[img] Text
Ayu Indriani Putri_19381052111_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] Text
Ayu Indriani Putri_19381052111_DAFTAR RUJUKAN_PGMI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Ayu Indriani Putri_19381052111_KEASLIAN TULISAN_PGMI.pdf

Download (117kB)

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran IPA, Media Pop-up Book, Minat Belajar Dalam proses pembelajaran dibutuhkan sebuah alat bantu atau media untuk menarik perhatian siswa agar dapat mempermudah suatu komunikasi, media pop-up book sangat cocok dalam pembelajaran IPA di SDN Blumbungan I kelas VI. Fokus penelitian ini yaitu: 1. untuk mengetahui penerapan media Pop-up Book dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi tata surya kelas VI di SDN Blumbungan I Larangan Pamekasan. 2. Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan media Pop-up Book di SDN Blumbungan I Larangan Pamekasan. 3. Untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran IPA materi tata surya dengan menggunakan media Pop-up Book di SDN Blumbungan I Larangan Pamekasan. Dalam Penelitian ini menggunakan jenis penelitian (PTK) Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi digolongkan menjadi 4 tahap. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas VI SDN Blumbungan I Larangan Pamekasan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun hasil Perencanaan penerapan media pop-up book pada mata pembelajaran IPA dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VI SDN Blumbungan I larangan Pamekasan yaitu guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai materi yang akan diajarkan dengan menggunakan media pop-up book yang didalamnya terdapat berupa gambar 3D yang bergerak ketika halamnya dibuka, kemudian menyiapkan lembar observasi setelah pembelajaran selesai guru menyebarkan angket kepada siswa dan menyiapkan kamera sebagai bukti dokumentasi. Kedua Pelaksanaan penerapan media pop-up book adalah. Guru menyuruh siswa satu persatu untuk maju kedepan membuka satu halaman dimedia pop-up book yang sudah disediakan dan membaca materi yang ada didalamnya, setiap siswa mempunyai kesempatan yang sama untuk membaca halaman selanjutnya sampai selesai. Setelah itu guru bertanya kepada siswa tentang isi didalam media tersebut, kemudian guru melanjutkan atau menjelaskan isi didalamnya yang membahas tentang materi tata surya yang ada dilangit yang hanya dapat dilihat menggunakan microskop, namun dengan menggunakan media pop-up book kita dapat melihat gambaran seperti apa benda-benda tersebut. Setelah itu guru menyebarkan angket kemudian memberi kesimpulan setelah itu ditutup dengan do’a dan memberi salam.dan yang ke tiga hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA materi tata surya menggunakan media pop-up book dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VI SDN Blumbungan I. hasil penelitian sebelum diadakan tindakan yang disebut pra siklus berada pada posisi rendah dengan skor 181 dengan rata-rata 50%, kemudian dilaksanakan siklus I dengan 2x pertemuan ternyata minat belajar siswa naik menjadi 244 dengan rata-rata 67.7%. Oleh sebab itu hasil penelitian meningkatkan minat belajar siswa kedalam kategori baik dengan skor 292 dengan rata-rata 81.1%

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:09
Last Modified: 09 Jul 2024 02:09
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6228

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item