Maisaroh, Dewi (2023) penerapan model Realistics Mathematic Education (RME) pada pemahaman siswa dalam pembelajaran bangun datar kelas IV di MI Sumber Bungur Al-Khalili. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
19381052006_SAMPUL.pdf Download (20kB) |
|
Text
19381052006_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (196kB) |
|
Text
19381052006_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (67kB) |
|
Text
19381052006_ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text
19381052006_DAFTAR ISI.pdf Download (384kB) |
|
Text
19381052006_BABI.pdf Download (401kB) |
|
Text
19381052006_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
|
Text
19381052006_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
|
Text
19381052006_BAB IV.pdf Download (670kB) |
|
Text
19381052006_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
|
Text
19381052006_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (372kB) |
|
Text
19381052006_KEASLIAN TULISAN.pdf Download (83kB) |
Abstract
Kata Kunci: Penerapan Model RME, Pemahaman siswa. Pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang kurang diminati pada sebagian besar siswa, karena siswa menganggap pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang sulit dimengerti, hal tersebut perlu adanya motivasi dan kreatifitas guru dalam memilih model dan media pembelajaran agar siswa semangat dalam belajar, model pembelajaran sangat penting bagi siswa dalam proses pembelajaran, seperti halnya pada pembelajaran bangun datar kelas IV menggunakan penerapan model RME. Dalam penelitian ini terdapat tiga fokus yaitu: Pertama Langkah-langkah penerapan model RME pada belajaran bangun datar kelas IV MI Sumber Bungur Al-Khalili, Kedua Pemahaman siswa pada pembelajaran bangun datar kelas IV MI Sumber Bungur Al-Khalili melalui penarapan model RME, Ketiga Kelebihan dan kekurngan dalam penerapan model RME pada pemebelajaran bangun datar kelas IV MI Sumber Bungur AlKhalili. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan triangulasi sumber dan metode, dengan subyek penelitiannya adalah guru kelas, kepala sekolah, 5 siswa kelas IV MI Sumber Bungur Al-Khalili. sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan melakukan keajegan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama Langkah-langkah penerapan model RME pada pembelajaran bangun datar kelas IV dengan membuat RPP terlebih dahulu, lalu membuat model dan media pembelajaran dengan memberikan masalah kontekstual pada siswa, memberikan contoh kepada siswa, serta menugaskan siswa dan meminta siswa untuk menyelesaikan masalah kontekstual, meminta siswa untuk mendiskusikan atau mengoreksi hasil dari masalah kontekstual tersebut, selanjutnya Kedua pemahaman siswa pada pembelajaran bangun datar Kelas IV di MI Sumber Bungur Al-Khalili dengan dilihat dari hasil belajar siswa, siswa mampu menjawab masalah kontekstual dengan tepat dengan begitu siswa dapat memahami materi dengan mudah sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan sesuai yang diharapkan, serta selanjutnya Ketiga adapun kelebihan dalam pembelajaran bangun datar ini yaitu semangat siswa dalam belajar dengan begitu akan lebih mudah bagi guru dalam memulai proses pembelajaran, serta motivasi dan kemapuan guru dalam memilih model dan media pembelajaran ini sangat penting karena dalam tercapainya pembelajaran yang efektif dilihat dari kemampuan guru dalam memilih model dan media pembelajaran , sedangkan kekurangannya yaitu adanya siswa yang tidak mendengarkan penjelasan guru, adanya siswa yang mengejek teman sebangkunya, serta adanya siswa yang berbicara sendiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 02:09 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 02:09 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6232 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |